Profil Wisata Edukasi Benteng Vastenburg Kota Solo. Benteng Vastenburg satu lagi merupakan wisata edukasi dari sekian banyaknya wisata edukasi di kota Solo. Bangunan yang penuh akan unsur sejarah ini berdiri kokoh disekitar kota Solo. Dengan unsur sejarah nya yang kental ini membuat benteng satu ini menjadi wisata edukasi yang bagus untuk wisatawan. Apalagi yang hobinya memang menyukai sejarah.

Foto : @judithhukom

Foto : @jumatrebo

Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke kota Solo, tapi tidak berkunjung ke benteng satu ini. Apalagi jika wisata yang dilakukan bertujuan untuk napak tilas sejarah dari kota Solo itu sendiri. Makannya, benteng ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi mengingat fungsinya yang zaman dahulu sangat lah penting. Hal itulah yang menjadi daya tarik benteng ini.

Jika memang para wisatawan ingin berkunjung ke Benteng Vastenburg ini ada beberapa informasi yang harus diketahui dari destinasi satu ini. Beberapa informasi penting ini merupakan profil dari tempat wisata edukasi yang dimiliki kota Solo ini. Berikut ini beberapa fakta menarik yang menjadi profil dari benteng kokoh satu ini.

Sejarah Awal Benteng Vastenburg Hingga Saat ini

Sesuai perintah dari Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, benteng ini kemudian dibangun pada tahun 1745. Bukan tanpa tujuan pembangunan benteng ini dilakukan, tetapi memiliki fungsinya sendiri. Fungsinya sangat lah vital bagi Hindia Belanda ketika itu. Fungsinya ialah sebagai pengawasan terhadap Keraton Surakarta yang berkuasa di Surakarta.

Benteng Vastenburg memiliki parit disepanjang keliling temboknya. Parit ini berfungsi untuk melindungi benteng dengan jembatan dipintu depan dan belakangnya. Letaknya sendiri ketika itu tepat berada di depan kediaman Gubernur Belanda (sekarang menjadi kantor Balaikota). Memiliki lapangan ditengah-tengah bangunan sebagai tempat apel bendera sebelum bertugas.

Dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia, benteng ini kemudian digunakan sebagai marakas TNI. Benteng ini beralih fungsi kembali menjadi pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad dan juga difungsikan sebagai tempat pelatihan prajurit keraton. Namun sayang, setelah 1980an benteng ini kemudian tidak lagi difungsikan.

Karena tidak lagi berfungsi, kemudian Benteng Vastenberd ini menjadi terbengkalai dengan keadaannya yang memprihatinkan. Tepatnya, pada tahun 2010 benteng ini kemudian direnovasi dan dijadikan situs cagar budaya. Berbagai renovasi dilakukan oleh Ir. H. Joko Widodo pada tahun 2014 hingga sekarang pun masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum masa pandemi Covid-19 berlangsung, benteng ini selalu digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan seperti festival, konser musik, atau kegiatan lain yang berkaitan dengan masyarakat. Sayang setelah pandemi Covid19 terjadi benteng ini pun sepi oleh pengunjung.

Lokasi Benteng Vastenberg

Sangat mudah untuk menemukan lokasi dari Benteng Vastenburg satu ini. Sebab, letaknya sendiri berada ditengah kota Solo. Lebih tepatnya di Jl. Jenderal Soedirman Kedung Lumbu, Pasir Kliwon, Surakarta, Jateng. Sebenarnya benteng ini diapit oleh beberapa jalan lain seperti misalnya Jl. Brigjend Slamet Riyadi. Posisinya yang berada ditengah kota memudahkan wisatawan menemukannya.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Sebagai tempat wisata edukasi sejarah di kota Solo, tentunya ada harga tiket yang harus dibayar. Benteng ini sendiri memiliki tiket pembayaran hanya sebesar Rp1.000 untuk anak-anak dan Rp2.000 untuk orang dewasa. Harga yang sangat terjangkau memang, apalagi yang didapatkan ialah ilmu pengetahuan akan sejarah bangsa Indonesia.

Jika ingin berkunjung ke lokasi Benteng Vastenburg, sebenarnya bentengnya sendiri buka selama 24 jam. Sebab, bagian luar benteng akan selalu terbuka. Tetapi untuk masuk ke bagian benteng hanya sampai waktu sore saja. Terdiri dari empat bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing sebagai wisata edukasi sejarah. Makannya, sangat asyik bila berkunjung kesini.

Itulah beberapa profil dari informasi mengenai benteng satu ini. Oleh karena letaknya yang ditengah-tengah kota Solo, aksesnya pun akan sangat mudah ditempuh. Dengan menggunakan kendaraan pribadi saja sudah sangat bisa untuk berkunjung kesana. Ditambah lagi, disekeliling benteng didukung dengan wisata lainnya, seperti kuliner.

Letaknya yang ditengah kota, memudahkan wisatawan untuk mencari berbagai kebutuhan yang diperlukan. Seperti tempat penginapan, ATM, tempat makan (Galabo), membeli oleh-oleh (Pasar Klewer), dan masing banyak lagi. Dijamin deh para wisatawan tidak akan menyesal berkunjung ke Benteng Vastenburg ini. Segera masukan ke list liburan lebaran para wisatawan!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment