Mengenal Lebih Dekat Candi Sukuh Karanganyar. Sebagian orang tentu telah mengetahui tentang banyaknya candi-candi yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Apa candi memang dikenal luas seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang sudah lama berdiri di tanah air. Keberadaan candi-candi tersebut tak lepas dari banyaknya sejarah yang menceritakan betapa kayanya negeri kita ini di masa lalu. Candi-candi tersebut menjadi sebuah objek wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Foto : @hrdntaptr

Foto : @diah__ray

Namun ada beberapa candi di Indonesia yang belum sepopuler candi-candi di atas. Beberapa candi tersebut juga memiliki ciri-ciri dan bentuk yang khas, sangat cocok untuk dikunjungi pula. Indonesia memang dikenal dengan keberagaman dari berbagai segi sehingga menjadi sebuah negara yang istimewa. Dari sekian banyak candi yang ada di Indonesia, candi yang bernama Candi Sukuh yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. Kali ini kita akan mengulas berbagai fakta menarik untuk mengenal lebih dekat tentang Candi Sukuh tersebut.

Candi Sukuh merupakan candi peninggalan prasejarah yang ada di daerah Karanganyar dan sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak lama. Candi ini hampir sama dengan candi lainnya Jika dilihat dari segi fisik, namun ada beberapa detail yang tidak sama dengan candi lainnya. Nah, detail-detail tersebut akan menjadi pembahasan menarik kita kali ini. Candi Sukuh yang ada di Karanganyar tersebut menjadi objek wisata yang dikunjungi oleh banyak orang setiap tahunnya.

Banyak fakta menarik yang bisa membuat kita menjadi lebih kenal dengan Candi Sukuh tersebut. Pertemuan kita kali ini seakan dikhususkan pada topik menarik seperti tentang Candi Sukuh ini. Apa saja fakta menarik yang bisa membuat kita lebih mengenal Candi Sukuh ini? Berikut penjelasannya!

Lokasi

Meskipun Candi Sukuh ini sudah dikenal oleh masyarakat luas, namun nyatanya masih banyak orang yang belum tahu tentang lokasi candi tersebut. Untuk lebih tepatnya, Candi Sukuh ini berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini termasuk ke dalam Kompleks candi Hindu di Karanganyar. Lokasi tersebut dapat dengan mudah ditemukan oleh para wisatawan yang ingin menikmati berwisata ke tempat ini.

Untuk lebih jelasnya, Candi Sukuh berlokasi di lereng kaki Gunung Lawu dengan ketinggian kurang lebih 1.186 meter. Dengan lokasi tersebut menjadikan daerah dari Candi Sukuh ini sangat sejuk sehingga diminati oleh banyak orang. Kalian yang ingin mengunjungi lokasi tersebut maka harus menempuh jarak 20 kilometer dari kota Karanganyar dan 36 kilometer dari Surakarta.

Bentuk Bangunan

Candi Sukuh  ini memberikan kesan kesederhanaan dan mencolok bagi para pengunjung yang datang ke lokasi. Mereka akan terpana dengan bentuk dari Candi Sukuh tersebut. Hingga saat ini sudah banyak orang yang tergiur dengan kesederhanaan Candi Sukuh. Kesederhanaan dari Candi ini terlihat dari bentuk bangunannya yang hampir sama dengan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru.

Fakta dari bangunan tersebut menarik minat peneliti dari Belanda pada tahun 1930. Peneliti tersebut memberikan tiga argumen mengenai struktur bangunan yang sedikit aneh. Salah satu argumennya yaitu mereka menganggap bahwa pembangunan Candi tersebut dilakukan secara terburu-buru sehingga menjadikan strukturnya tidak rapi. Dari segi bentuk memang candi ini tidak sama dengan Candi Prambanan dan Borobudur yang terlihat menawan.

Sejarah Penemuan

Candi Sukuh tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1815 oleh Johnson, Residen Surakarta. Awal mula menemukannya, Johnson hanya melakukan penelitian untuk mengumpulkan data-data guna menulis buku the History Of Java yang dilakukan oleh Thomas Stamford Raffles. Setelah masa pemerintahan Britania Raya berlalu, Van Der vlies yang merupakan arkeolog Belanda melakukan penelitian pemugaran pertama yang dimulai pada tahun 1928. Fakta tersebut menunjukkan bahwa Candi Sukuh telah ada sejak lama dan sampai kini masih terawat.

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi Candi suku tersebut maka bisa segera mendatangi Kota Karanganyar di Jawa Tengah. Candi Sukuh merupakan candi yang memiliki banyak fakta menarik sehingga sangat perlu untuk diulas. Ulasan pada artikel kali ini diharapkan menambah wawasan kalian mengenai tempat wisata yang ada di Karanganyar terutama Candi Sukuh ini.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment