Destinasi Wisata Menarik di Bumi Perkemahan Sekipan – Di Karaganyar, Anda bisa menemukan bumi perkemahan menarik yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata. Bumi perkemahan tersebut sering disebut sebagai Sekipan.

Foto : @triptrapliburan

Foto : @sigittreepando

Nama Sekipan awalnya berasal dari cerita rakyat, bahwa ia menjadi tempat latihan menembak di masa penjajahan Belanda. Sekipan sendiri memiliki arti menembak dalam bahasa loka yang bercampur dengan dialek Belanda. Nama asli bumi perkemahan tersebut sebenarnya adalah Sekar Jingo.

Sekar Jingo memiliki arti sebagai bunga yang berwarna jingga, sebab di sana banyak ditemukan bunga dengan ciri tersebut. Dahulu Bumi Perkemahan Sekipan ini juga menjadi lokasi wisata bagi para anggota kerajaan, sehingga memang menjadi tempat yang tepat jika dikembangkan menjadi tempat wisata di masa kini.

Keunikan Bumi Perkemahan Sekipan

Bekas Tempat Rekreasi Kerajaan

Zaman dahulu, sebelum digunakan sebagai tempat latihan menembak oleh pasukan Belanda, wisata ini menjadi tempat para bangsawan untuk melepas penat. Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta banyak menghabiskan waktu luang di tempat ini untuk sekedar bersantai atau bercengkrama dengan keluarga lain. Selain Keluarga dari Kasunanan, keluarga dari Keraton Mangkunegaran juga dikatakan banyak menghabiskan waktu luang di tempat ini. Sekipan juga menjadi tempat berburu yang menarik karena banyak hewan yang bisa dilihat dengan mudah.

Karena riwayat berikut, maka Bumi Perkemahan Sekipan ini sampai sekarang masih dikeramatkan oleh banyak warga sekitar. Jika Anda berkunjung di sana, Anda tetap harus menjaga kebersihan dan tidak merusak alam karena bertentangan dengan aturan adat.

Fasilitas yang Ada di Sekipan

Sebagai bumi perkemahan, tentunya Sekipan menyediakan ruang yang luas untuk berbagai kegiatan outdoor. Tumbuhannya yang rindang juga membuat aktifitas luar ruangan tidak terasa panas, apalagi Karanganyar termasuk dalam dataran tinggi yang memiliki hawa sejuk.

Aktifitas yang bisa dilakukan di Bumi Perkemahan Sekipan ini cukup beragam, Anda bisa mendirikan tenda dan melakukan outbond luar ruangan. Pendidikan alam juga bisa dilakukan oleh mahasiswa ataupun kelompok pecinta alam yang menginap untuk melakukan berbagai kegiatan. Lingkungan yang ada di sekitar bumi perkemahan ini juga cocok untuk aktifitas tracking dan training. Selain belajar dan melakukan kegiatan fisik, Anda juga bisa melakukan rekreasi yang menarik, yang akan membuat Anda lebih dekat dengan alam.

Lokasi Bumi Perkemahan Sekipan

Anda yang tidak terbiasa dengan jalan yang ada di Karangnyar tidak perlu khawatir, jalan menuju bumi perkemahan ini bisa diakses dengan mudah. Meskipun demikian, Anda disarankan untuk menuju lokasi perkemahan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Menjadi wisata unggulan yang ada di Karangnyar, bumi perkemahan ini berada di lokasi hutan wisata yang unggul karena hutannya yang hijau dan suasana yang sejuk. Ketinggiannya yang mencapi 1100 meter diatas permukaan laut membuatnya menjadi lokasi yang tepat untuk aktifitas luar ruangan.

Rute menuju Bumi Perkemahan Sekipan bisa Anda mulai dengan menempuh perjalanan dari daerah Keleng – Karanganyar. Anda juga bisa kesana dari Jalan Raya Matesih Tawangmangu, sebab objek wisata ini memang berdakatan antara satu dengan yang lain.

Tiket Masuk Menuju Bumi Perkemahan Sekipan

Untuk masuk dan menikmati fasilitas yang ada di bumi perkemahan ini, Anda cukup membayar biaya tiket masuk seharga 10 ribu rpiah. Hanya dengan budget minimalis tersebut, Anda sudah bisa menikmati suasana yang nyaman dan sejuk, serta melakukan berbagai kegiatan yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Berbeda jika Anda hendak melangsungkan camping dan berniat menginap di sana, untuk satu hari, Anda hanya perlu membayar 15 ribu rupiah. Jika Anda hendak berkemah dalam rentang waktu yang lebih lama, 2 hari misalnya, maka biaya yang Anda keluarkan jauh lebih terjangkau, hanya 20 ribu rupiah saja untuk memasuki Bumi Perkemahan Sekipan.

Jangan lupa mengenai biaya parkir, Anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah untuk parkir sepeda motor. Jika membawa motor, Anda cukup membayar 3 ribu rupiah saja untuk parkir dalam kurun waktu satu hari.

Demikianlah berbagai informasi penting mengenai Bumi Perkemahan Sekipan yang ada di Karanganyar, semoga informasi tersebut dapat menambah informasi Anda mengenai tempat camping tersebut.

By Published On: Kamis, 13 Mei 2021Views: 2758

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!