Inilah Keunikan Kebun Binatang Taru Jurug – Anda yang sedang berkunjung ke Solo tentunya ingin mendatangi berbagai tempat wisata menarik yang ada di sana. Jika ingin berwisata sekaligus mendapatkan edukasi, memilih tempat wisata tidak boleh dilakukan sembarangan.

Foto : @ajijah_wan

Foto : @sangmorasenja

Salah satu tempat belajar sambil bermain yang cukup terkenal di Solo adalah kebun bintanag. Terdapat kebun binatang yang dikelola khusus untuk memelihara dan memamerkan berbagai satwa, yang berlukasi di Jebres, Kota Surakarta.

Nama dari kebun binatang tersebut adalah kebun binatang Taru Jurug atau lebih sering disingkat sebagai TSTJ. Anda yang tertarik untuk berkunjung kesana dalam waktu dekat, ada baiknya mengetahui berbagai informasi menarik dan penting yang berkaitan dengan tempat wisata ini.

Sejarah Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang atau taman satwa ini telah berdiri sejak tahun 1976 dan merupakan objek wisata yang dekat dengan Bengawan Solo. Dulunya wilayah tersebut merupakan tempat yang digunakan sebagai taman kota, kemudian diubah menjadi taman satwa yang disebut sebagai Kebun Raja.

Karena menarik banyak pengunjung, maka pemerintah kota Solo kemudian mengelola taman satwa tersebut menjadi ke kebun binatang Taru Jurug bun bintanag yang lebih besar. Agar aksesnya lebih besar, maka kumpulan binatang yang sebelumnya berada di Kebun Raja dipindahkan dan dipelihara di Taman Satwa Taru Jurug agar mendapatkan perawatan maksimal.

Jika dibandingkan dengan Gembira Loka Zoo yang terdapat di Yogyakarta, mungkin kebun binatang tersebut masih kurang lengkap. Namun ia menjadi alternatif wisata yang tepat untuk masyarakat Solo, apalagi kini tersedia berbagai spot foto kekinian menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket Masuk ke Kebun Binatang Taru Jurug

Harga tiket masuk dalam kebun binatang Taru Jurug ini cukup terjangkau, tiap satu orang hanya perlu membayar 20 ribu rupiah untuk satu kali masuk. Harga tersebut berlaku kunjungan di hari kerja atau weekdays, kalau Anda berkunjung di hari libur, maka biaya tiket masuk menjadi 25 ribu rupiah.

Aturan lain mengenai biaya tiket ke kebun binatang ini adalah tinggi pengunjung yang masuk. Bagi anak-anak yang sudah melebihi tinggi sampai 80 cm, maka ia dikenai biaya penuh untuk masuk. Sedangkan untuk anak yang lebih kecil tingginya, mereka bisa mendapatkan harga setengah penuh.

Untuk Anda yang datang dengan rombongan, terdapat diskon yang bisa Anda manfaatkan sehingga bisa masuk dengan tarif tiket yang terjangkau ke kebun binatang Taru Jurug. Jika ingin mendapatkan pemandu dan paket edukasi secara langsung, tersedia pilihan paket khusus dengan biaya 50 ribu untuk tiap orangnya.

Fasilitas yang ada di Kebun Binatang Taru Jurug

Koleksi Binatang Eksotis

Di kebun binatang ini, koleksi hewan yang dipamerkan cukup banyak. Anda bisa menemukan berbagai jenis burung, seperti merak, beo hingga kakaktua yang berada di dalam kandang. Semua hewan dalam keadaan sehat dan bisa diajak bermain bersama pengunjung. Selain burung, terdapat juga satwa karnivora berukuran besar, misalnya harimau sumatera yang langka, komodo, macan tutul, hingga kijang dan kuda. Semuanya dikandang dengan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir binatang lepas.

Informasi Lengkap Mengenai Hewan

Agar bisa memahami hewan yang ada di kebun binatang Taru Jurug, pihak pengelola menyediakan informasi mengenai nama satwa dan informasi singkat lainnya. Jadi meskipun Anda tidak menggunakan paket edukasi dan pemandu, Anda tetap bisa mendapatkan informasi menarik mengenai hewan yang Anda temui.

Tempat Istirahat yang Nyaman

Agar pengunjung yang mengelilingi tempat wisata ini tidak merasa kelelahan, tersedia tempat duduk yang tertata rapi di kebun binatang ini. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, Anda bisa menunggangi beberapa hewan yang ada di sana. Namun layanan menunggang hewan ini hanya tersedia di waktu-waktu khusus saja.

Taman Pelangi

Terakhir, ketika mengunjungi kebun binatang Taru Jurug ini, Anda bisa mampir ke Taman Pelangi yang terdapat di sampingnya. Taman ini memiliki lampion yang tertata dengan rapi dan memiliki pemandangan yang cantik. Menjadi pilihan yang tepat untuk berbagi momen indah bersama keluarga dan pasangan.

Semoga informasi mengenai kebun binatang Taru Jurug tersebut bisa memudahkan Anda untuk menikmati berbagai fasilitasnya dengan maksimal.

By Published On: Sabtu, 8 Mei 2021Views: 1098

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!