Menikmati Wisata Alam Parang Ijo Yang Indah. Memilih wisata alam dan wisata buatan manusia adalah hak pribadi dari setiap individu atau orang. Tidak ada yang boleh memaksa pribadi seseorang untuk mencintai dan melakukan kunjungan ke wisata tertentu. Setiap orang bebas menentukan tujuan wisata baik alam maupun wisata buatan manusia tersebut. Karena pada dasarnya memang setiap orang punya selera berbeda terhadap jenis tempat wisatanya.

Foto : @muhammad_ilhaam30

Foto : @@harierwan

Namun kalau kita cermati dan amati, banyak orang yang suka sekali ke wisata yang bernuansa alam. Kata kebanyakan orang, wisata alam membuat mata menjadi segar dan nafas terasa begitu bebas. Memang begitu adanya sebab alam masih asri dan bisa saja menjadi objek wisata yang menyehatkan. Bahkan di tempat yang begitu ramai seperti Solo nyatanya terdapat wisata alam yang membuat sehat.

Nama objek wisata di Solo khususnya Karanganyar ini adalah tempat wisata Parang Ijo. Tentu nama terkesan aneh jika kita terjemahan ke dalam bahasa asalnya yaitu bahasa Jawa. Parang sendiri artinya senjata tajam yang biasa digunakan untuk membelah kayu bakar. Secara sederhananya, “parang” merupakan alat rumah tangga yang berbentuk pisau besar. Sedangkan “ijo” sendiri merupakan nama lain dari warna hijau namun dalam bahasa jawanya.

Jika kita lihat dari definisi parang dan ijo dari bahasa Jawa tentu belum tergambarkan wisata apa sebenarnya. Nama parang dan ijo malah bisa tergambarkan dalam benak sebagai benda atau senjata tajam berwarna hijau. Tentu jika dimaksud demikian hal tersebut tidak bisa jadikan tempat wisata yang perlu kita kunjungi. Kecuali senjata tajam berwarna hijau tersebut berada di sebuah museum tentu bisa kita kunjungi sekali dua kali.

Jika kita melihat secara nyata, Parang Ijo tentu bukan sebuah senjata berwarna aneh seperti hijau. Memang ini merupakan objek wisata sesungguhnya dan bisa orang Karanganyar kunjungi  secara rutin. Nama aneh tersebut sebenarnya menunjukkan terhadap tempat wisata berbentuk air terjun yang indah. Kalau sudah demikian, namanya tidak ada korelasinya sama sekali bukan bagi Anda yang berpikir?

Nama yang ada dalam wisata merupakan nama makna secara filosofi menggambarkan air terjun tersebut. Filosofi yang tergambarkan adalah sebuah air yang berbentuk senjata tajam yang berwarna hijau. Memang jika kita mengamati secara betul warna air terjun yang jatuh bisa berwarna agak kehijauan. Kurang lebih seperti itulah kata ijo dalam nama air terjun tersebut ada dan menempel padanya.

Setelah kita tahu filosofi dari wisata Parang Ijo makan kurang afdhol kalau belum tahu bagaimana tempat itu. Kita harus tahu seperti apa air terjun dan fasilitas pendukung lainnya untuk wisatawan Karanganyar. Apakah wisata air terjun tersebut hanya menampilkan eksotik air yang jatuh ke bawah dari bukit yang tinggi? Nyatanya tidak demikian karena ada hal lain yang bisa wisatawan Solo bahkan luar negeri nikmati di sini.

Di tempat dan air terjun ini terdapat lokasi untuk para wisatawan selfi dan menghadap ke air terjun. Tentu hal yang asyik jika para wisatawan Solo dapat mengambil gambar bersama air terjun lokal itu. Tidak hanya satu dua tempat objek untuk mengambil gambar di sekitar tempat air terjun jatuh. Namun ada banyak tempat atau posisi untuk para wisatawan Solo bahkan luar mengambil posisi selfie.

Selain itu di Parang Ijo terdapat fasilitas seperti gazebo untuk para wisatawan yang lelah dan ingin rebahan. Jadi kita tidak perlu kebingungan untuk merebahkan diri saat menikmati keindahan air terjun. Tentunya di gazebo juga terdapat mushola bagi umat muslim yang berkunjung ke air terjun di Solo ini. Pasti seorang muslim ingin berwisata tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai orang yang memegang agama.

Selain gazebo dan mushola, di tempat wisata air terjun ini terdapat pedagang kaki lima. Sehingga pengunjung yang lapar setelah menikmati indahnya air terjun bisa jajan dan makan. Bahkan sudah banyak pedagang dengan berbagai macam jenis barang dagangan di sekitar air terjun. Sehingga tidak hanya mata yang bisa puas sebab air terjun namun perut juga bisa puas sebab makanan.

Berikut penjelasan tentang Parang Ijo yang bisa dijadikan wisata untuk pencinta alam. Tidak perlu jauh ke luar negeri karena di Karanganyar dan Solo, Anda bisa menikmati air terjun kualitas luar negeri.

By Published On: Kamis, 29 April 2021Views: 689

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!