Wisata Taman Sriwedari Bersejarah di Kota Solo. Semua hal di dunia ini tentu memiliki benang sejarah yang tentunya bisa membuat orang tertarik mengetahuinya. Tinggal yang penting bagaimana benang sejarah tersebut terjulur ke depannya. Ada benang sejarah yang menjulurnya panjang ada juga yang hanya sedikit seperti setahun dua tahun. Akan tetapi benang sejarah yang menarik adalah sejarah yang sudah lama terjadi hingga puluhan tahun.

Foto : @rudielsusanti26

Foto : @piuspuspawir

Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang mempunyai benang sejarah cukup panjang. Bahkan di setiap kota-kota kecil di Indonesia ada saja yang punya cerita asyik dalam tempat wisatanya. Tak terkecuali kota Solo punya tempat wisata dengan benang atau tali sejarah yang cukup panjang. Pasti Anda penasaran tempat wisata apa di Solo punya sejarah panjang dan menarik diketahui.

Tempat wisata yang punya sejarah panjang di Solo yaitu wisata Taman Sriwedari yang indah. Jika kita melihat sejarah dari taman bernama Sriwedari ini ada sekitar lima puluhan tahun ceritanya. Lima puluh tahun bukan waktunya yang sebentar untuk sejarah dari sebuah tempat wisata. Ada banyak hal unik pada waktu lima puluhan tahun yang bisa kita korek lebih dalam untuk menuntaskan penasaran.

Perlu kita ketahui bahwa wisata Sriwedari ini merupakan wisata yang dibangun pada masa Belanda. Sederhananya Sriwedari merupakan tempat yang ada sejak jaman kolonial Belanda nenjajah. Namun Sriwedari ini bukan tempat wisata yang dibuat dan dimiliki oleh orang-orang Belanda. Taman bernama Sriwedari ini asli dibangun dan dimiliki oleh seseorang dari bangsa kita sendiri yaitu Indonesia.

Memang demikian cerita Taman Sriwedari yang dimiliki oleh orang Indonesia secara pribadi. Bahkan sampai sekarang konon Sriwedari bukan milik pemerintahan Solo melainkan milik keluarga pribadi. Kendati demikian taman di Solo ini bisa kita kunjungi layaknya tempat wisata pada umumnya. Biaya masuk ke dalam Sriwedari tidak lebih mahal dari harga semangkok bakso bahkan setengahnya.

Anda bisa berkunjung ke Sriwedari bersama-sama keluarga baik membawa anak bahkan pasangan Anda. Harga tiket masuk setiap orang sama saja alias sama-sama murah untuk melihat isi dari Sriwedari. Tidak ada pembedaan walaupun wisata Sriwedari ini milik seorang keluarga konglomerat di Solo. Semua merata karena pada dasarnya tujuan taman ini adalah untuk rakyat Solo yang ingin berwisata.

Bukti Taman Sriwedari diperuntukkan untuk rakyat Solo bisa kita lihat dari isi atau fasilitas yang ada di dalamnya. Taman ini memang bisa kita kunjungi pada setiap hari namun ada hari dimana taman Solo ini menjadi spesial. Waktu yang spesial untuk taman ini kita kunjungi adalah pada waktu likuran. Pada likuran tersebut semua rakyat Solo berkumpul di taman bernama Sriwedari lalu memanjatkan doa dan harapan.

Memang kembali lagi ini bukan taman biasanya yang dibangun secara sembarangan untuk wisata belaka. Nyatanya ada tradisional Solo yaitu likuran yang tentu perlu dilestarikan dan diadakan di taman tersebut. Kalaupun keluarga pemilik taman bersifat egois dan tidak merelakan taman dipakai makan bahaya. Tradisi likuran pada taman terbesar di Solo bisa menghilang dan anak cucu bakal tidak tahu sama sekali.

Selain untuk tradisi likuran Taman Sriwedari ini juga dilengkapi sebuah bangunan panggung. Bangunan panggung tersebut bisa digunakan untuk menampilkan seni wayang orang. Tak jarang terjadi pentas seni wayang orang di bangunan panggung pada Sriwedari tersebut. Lagi-lagi ini bisa kita nikmati secara umum ketika Anda menjadi pengunjung di dalamnya. Tidak ada perbedaan dalam menonton wayang orang di dalam gedung kesenian Sriwedari ini.

Bagi Anda yang membawa seseorang yang masih kecil alias anak kecil tidak perlu bingung ketika di Sriwedari. Pasalnya Sriwedari telah menyediakan taman anak-anak yang berisikan wahana untuk anak bermain. Selain itu terdapat tempat orang-orang menjual jajanan di taman Solo ketika anak Anda merengek. Anda tidak perlu kebingungan memuaskan keinginan anak saat masuk pada taman bernama sriwedari ini.

Ketika membaca ulasan di atas tentu Taman Sriwedari merupakan wisaya asyik dan bersekolah, bukan? Mau sampai kapan Anda tidak mengunjungi taman bernama Sriwedari ini yang letaknya di kota Solo? Maka segera tunaikan kewajiban Anda sebagai manusia untuk berwisata ke Sriwedari yang bersejarah ini.

By Published On: Sabtu, 24 April 2021Views: 1059

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!