Kesatuan Alam Tentang Telaga Madirda. Tempat wisata yang jauh dari suara kebisingan perkotaan menjadi salah satu tujuan yang diinginkan bagi sebagian masyarakat. Dengan lokasi seperti ini akan mendatangkan nuansa ketenangan dan dapat menyegarkan pikiran dan tubuh sekalian. Kebanyakan tempat ini berada di perbukitan ataupun di pegunungan.

Foto : @tunggulph

Foto : @telagamadirdaofficial

Selain menenangkan,  di sini juga terdapat pemandangan dan udara yang sejuk yang pasti akan menyokong kebaikan kesehatan itu sendiri. Contohnya saja adalah Telaga Madirda. Sudah berkunjung kah? Jika belum wajar saja karena memang jarang sekali ada wisatawan yang mengetahuinya.

Telaga Madirda merupakan telaga yang terdapat di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Tidak begitu banyak wisata yang ada di sini, kita hanya akan melihat objek telaga dan alam sekitar. Namun, sebenarnya terdapat keunikan yang sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak salah wisata ini semakin hari semakin memiliki daya tarik bagi para pelacong, terutama dari wilayah kota. Jarak tempuh perjalanan dari pusat kabupaten Karanganyar yaitu sekitar 25 km dengan selang waktu perjalanan berkisar 45 menit.

Tiket masuk di telaga terbilang cukup ekonomis yaitu Rp 10.000. Degan karcis masuk tersebut, pengunjung telah bisa menikmati keindahan danau ini. Untuk fasilitas yang disediakan tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Mulai dari toilet, aula, warung makan, area camping. Dalam keperluan emah, memang jika di alam biasa tidak terdapat listrik, namun di Telaga Madirda juga menyediakan station charger jika ingin mengecas smartphonenya.

Untuk jam operasional di wisata Telaga Madirda ini akan terbuka untuk umum dalam setiap hari. Pada hari biasa wisata buka mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore dan khusus untuk hari libur sama dibuka pada pukul 8 pagi namun tutup lebih lama yaitu pukul 5 sore. Operasional ini tidak berlaku untuk wisatawan yang sedang berkemah.

Telaga Madirda merupakan telaga yang langsung menampung air dari Gunung Lawu. Oleh sebab itu, air dalam telaga ini masih bersih dan jernih. Telaga ini merupakan sumber mata air bagi warga sekitar dan juga digunakan sebagai destinasi wisata menarik. Keberadaan telaga ni sendiri juga tidak akan lepas dari cerita rakyat yang termasuk dalam lingkupnya. Di sini, konon katanya telaga merupakan perwujudan daripada tutup pustaka bermana Cupumanik Astagina. Dari tutup pustaka yang terjatuh ini berubah menjadi telaga yang indah.

Legenda satu ini merupakan kisah yang diturunkan dari anak ke cucu dan seterusnya yang menjadi bagian dari dusun Tlogo. “Madirda” sendiri berarti memabukkan yang nampak berasal dari legenda itu sendiri. Tapi memang kenyataannya jika panorama alam satu ini dapat ‘memabukkan’. Sama dengan pusaka Cupumanik Astagina yang dikatakan mempesona dan membuat siapa saja yang memandang Telaga Madirda akan ‘mabuk’ untuk ingin memilikinya.

Panorama di Telaga Madirda ini yang paling utama adalah ketenangan. Telaga jernih ini dikelilingi oleh rentetan lahan rerumputan dan pepohonan yang luas dan asri. Sehingga angin yang berhembus disekitar telaga juga sejuk dan dijamin akan membuat hati semakin adem. Jika kita melihat telaga ini dari kejauhan nampak air bewarna hijau, hal ini bukan kotor melainkan saking jernihnya sampai permukaannya bisa terlihat, permukaanya berupa bebatuan dengan lumut dan ganggang di sana.

Dalam Telaga Madirda juga menjadi habitat bagi ikan-ikan. Dengan kejernihan air kita dapat menikmati pesona bawah air yatu ikan-ikan yang berenang. Di sini terdapat peraturan untuk tidak memancing ikan, namun diperbolehkan untuk bermain air di pinggiran danau.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu di telaga ini untuk piknik. Dengan adanya lahan rerumputan yang luas menjadi salah satu tempat yang paling enak untuk menggelar tikar dan menyantap perbekalan, selain itu juga terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk piknik. Jika pengunjung tidak membawa bekal, masih terdapat kios makanan yang mungkin tidak begitu bervariasi namun menyediakan makanan baik makanan berat sampai dengan cemilan dan minuman.

Bagaimana tentang liburan Anda? Karanganyar memiliki Telaga Madirda asri yang indah. Hal ini juga sangat cocok untuk Anda melepaskan segala penat baik bersama keluarga, pasangan, anak, teman, dan lain sebagainya.

By Published On: Kamis, 15 April 2021Views: 1200

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!