Beberapa Fakta Menarik Mengenai Istana Mangkunegaran. Di sini pasti pernah ada yang mendengar tentang istilah istana Mangkunegaran yang menjadi sebuah bangunan bersejarah yang ada di Indonesia. Istana Mangkunegaran tersebut berada di daerah Surakarta yang merupakan kediaman para penguasa di masa lalu.

Foto : @designersworking

Foto : @malioboro_insta

Banyak fakta menarik yang bisa kita ulas pada topik istana Mangkunegaran tersebut. Salah satunya yaitu tentang bentuk fisik dari bangunan yang sangat bersejarah ini. Namun masih banyak sekali fakta unik yang bisa kita ulas mengenai istana Mangkunegaran tersebut. Kali ini kita merangkumnya menjadi sebuah ulasan yang sangat menarik untuk dibaca.

Istana Mangkunegaran sendiri dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara 1 dengan mengikuti model Keraton dan dipertahankan hingga saat ini. Dengan bentuk model keraton tersebut membuat bangunan sejarah ini terus dikenal oleh masyarakat modern saat ini. Namun bukan hanya dari segi bentuk saja, banyak sekali pembahasan yang akan kita temui pada artikel kali ini.

Banyak sejarah melambangkan sebuah bangunan yang sangat megah dengan karakteristik yang sangat kuat ini. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai Mangkunegaran tersebut kalian hanya perlu mengikuti artikel ini hingga selesai. Berikut penjelasan lengkap mengenai fakta menarik dari istana Mangkunegaran!

Sejarah Pembentukan

Istana Mangkunegaran memang tidak dibangun serta merta tanpa adanya alasan yang jelas. Ada banyak fakta mengenai keunikan bangunan tersebut dan tentunya terdapat sejarah pembangunan istana Mangkunegaran ini.

Pada mula pembuatan bangunan ini setelah perjanjian Salatiga yang mengawali pendirian Praja Mangkunegaran yang tentunya ditandatangani oleh kelompok Raden Mas Said. Lalu apa yang disebut dengan perjanjian Salatiga tersebut sehingga menjadi sebuah istilah yang sangat bersejarah?

Istana Mangkunegaran tersebut memang menyimpan beberapa istilah seperti perjanjian Salatiga yang ditandatangani oleh Pangeran Mangkubumi, Sunan Pakubuwana III dan VOC yang terjadi pada tahun 1757. Perjanjian tersebut menyebabkan pembuatan bangunan yang sedang kita bahas pada kesempatan kali ini.

Bagi masyarakat Surakarta sendiri, adanya bangunan Istana Mangkunegaran tersebut dianggap sebagai berkah. Sebab adanya istana tersebut menjadikan daerah mereka dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi bukti bahwa daerah tersebut memiliki sejarah penting dalam berdirinya negara Indonesia.

Bagian-Bagian Istana

Istana Mangkunegaran dikenal dengan bentuknya yang menyerupai keraton di masa lalu. Dengan adanya bentuk yang menyerupai keraton tersebut tentunya ada bagian-bagian bangunan yang sangat unik dan menarik untuk kita bahas kali ini. Bagian-bagian tersebut menjadi bukti bahwa pada masa dahulu pembuatannya dilakukan secara maksimal.

Bagian pertama yang harus kita ketahui yaitu dalam ageng yang terkenal dengan arti bangunan induk Istana Mangkunegaran secara keseluruhan. Bagi orang yang pernah datang ke Istana Mangkunegaran tentu sangat tertarik dengan bangunan utama yang satu ini

Bagian kedua dari Istana Mangkunegaran yang harus kita ketahui yaitu beranda dalam (Pracimayasa) yang dikenal dengan ruang keluarga Mangkunegaran. Bangunan ini memiliki ruangan yang luas karena menjadi pertemuan keluarga Mangkunegaran. Bangunan ini memang dikenal dengan bangunan berkumpulnya keluarga yang ketiga Mangkunegaran di masa lalu.

Ada salah satu sudut Taman lingkungan Pura Mangkunegara yang sangat luas dan sangat menarik untuk dilihat. Bangunan ini tentu menarik mata penikmatnya karena memiliki pesona yang sangat luar biasa. Bagi kalian yang pernah datang ke daerah ini tentunya sangat betah dengan pemandangan dan suasana yang ada di bagian taman ini.

Ruang Pendopo

Istana Mangkunegaran memiliki ciri-ciri warna yang sangat mencolok yaitu kuning dan hijau yang menjadi warna khas keluarga Mangkunegaran. Warna tersebut sangat cocok dengan bangunan keraton yang dianggap mengeluarkan energi positif ketika dipandang.

Terdapat pintu gerbang kedua menuju halaman dalam tempat berdirinya pendopo Ageng yang berukuran 3500 meter persegi. Pendopo tersebut sangat luas dan mampu menampung lima sampai sepuluh ribu orang dan dianggap sebagai pendopo terbesar di Indonesia.

Istana Mangkunegaran saat ini dikenal luas di seluruh Indonesia apalagi adanya internet yang dapat diakses secara mudah. Banyak sekali fakta menarik yang bisa kita pelajari dari internet seperti apa yang telah kita ulas di atas. Bangunan kuno seperti ini menjadi bukti bahwa sejarah panjang pernah ada di negara Indonesia tercinta ini.

By Published On: Sabtu, 3 April 2021Views: 1637

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!