Profil Tempat Wisata Edukasi Taman Cerdas Solo. Taman Cerdas adalah salah satu tempat wisata edukasi yang dimiliki oleh kota Solo. Menjadi wisata edukasi yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan keluarga. Biasanya yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak, namun tidak sedikit juga para anak remaja yang berkunjung. Baik yang memang bekerja disana maupun yang ingin sekedar berkunjung.

Foto : @florentinalst3

Foto : @lumbungpangansolo

Solo menjadi salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Kesemuanya dapat dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun dari luar kota. Mulai dari destinasi wisata alam, kuliner, ataupun salah satunya edukasi. Dengan begitu banyak sekali tujuan destinasi yang dapat dikunjungi di kota Solo ini.

Sebagai tempat wisata edukasi, Taman Cerdas tidak sepi dikunjungi oleh para pengunjung. Ini terlihat dari banyaknya para pengunjung yang hadir, biasanya saat weekend. Pertama kali dibangun pada tahun 2013 dan memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Ketika selesai dibangunpun, tempat wisata ini mendapatkan sambutan yang antusias dari warga Solo sendiri.

Lokasi

Karena lokasinya ini yang berada di daerah Jebres, maka biasanya taman ini disebut juga dengan Taman Cerdas Jebres. Alamat rincinya terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara RT02/RW25, Jebres, Surakarta. Meski begitu, para wisatawan memang harus lebih teliti dalam mencari lokasi wisata satu ini. Sebab, lokasinya lumayan masuk ke dalam.

Bila bingung mencari dan tidak ketemu, maka patokannya adalah kampus Universitas Sebelas Maret (UNS). Ambilah jalur belakang dan akan bertemu dengan Solo Techno Park (STP), lokasinya tepat sekali di belakang Solo Techno Park tersebut. Agar lebih jelas, bila sudah dikawasan dekat Solo Techno Park, para pengunjung dapat menanyakan kepada masyarakat letak Taman Cerdas.

Biaya Tiket dan Jam Operasional

Sebagai tempat wisata edukasi yang dimiliki oleh kota Solo salah satunya. Taman ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Makannya, karena gratis inilah taman ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, terutama para anak sekolah. Para pengunjung akan dikenakan biaya parkir kendaraan yang tidak mahal, hanya sebesar Rp2.000 saja.

Sebagai tempat wisata edukasi, tentunya Taman Cerdas Jebres memiliki jam operasionalnya sendiri. Jam operasional ini dapat menjadi acuan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Biasanya, taman buka pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Untuk jam ramai sendiri biasanya berada di pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB—12.00 WIB.

Fasilitas yang Dimiliki

Sebagai sebuah taman dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada para pengunjungnya, tentu saja harus memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas-fasilitas ini menjadi penunjang edukasi bagi pengunjung anak-anak maupun dewasa. Maka dari itu, gedung taman ini terdiri dari empat gedung yang memiliki fungsi berbeda.

Gedung pertama dan utama adalah gedung perpustakaan dan komputer yang menyediakaan internet tanpa batas untuk digunakan. Gedung kedua ialah gedung serba guna semi tertutup, biasanya dapat digunakan untuk kegiatan apapun. Gedung ketiga adalah gedung edukasi pendampingan anak dan juga studio Radio Anak Surakarta. Ketiga gedung ini dimiliki oleh Taman Cerdas.

Gedung keempat adalah gedung yang biasa disebut dengan gedung Orange. Gedung Orange ini digunakan sebagai ruang audio untuk anak berkreasi. Itulah keempat gedung yang dimiliki oleh taman ini. Keempat gedung tersebut digunakan sebagai sarana edukasi bagi anak maupun orang-orang dewasa yang berkunjung kesana.

Selain keempat gedung tersebut, terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya sebagai sarana edukasi Taman Cerdas Jebres. Sambil mengawasi anak yang sedang bermain, orang tua dapat bersantai di Gazebo taman yang disediakan. Salah satu yang paling khas ialah terdapat beberapa patung tokoh pewayangan yang berjajar disana.

Tokoh-tokoh pewayangan ini sangat lah familiar bagi para pengunjung taman ini. Tokoh-tokoh ini terdiri dari patung Kresna, Bima, Gatot Kaca, Rama, Shinta, dan yang terakhir ialah Hanoman. Enam patung yang tersedia di taman tersebut dengan masing-masing patung setinggi tiga meter. Ada lagi relief dan patung lain, yaitu Sukarno-Hatta, dan Ki Hajar Dewantara.

Itulah merupakan profil lengkap dari tempat wisata Taman Cerdas yang terdapat di kota Solo. Para pengunjung dapat membaca profil ini sebagai informasi yang harus diketahui sebelum berkunjung ke taman tersebut. Jadi, tunggu apalagi, ajaklah sanak keluarga, anak-anak untuk berkunjung dan bermain di taman ini. Sangat cocok untuk menjadi tujuan berlibur lebaran kali ini.

By Published On: Kamis, 1 April 2021Views: 4266

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!