Bersantai Menikmati Sore Di Alun-Alun Kidul Surakarta. Keindahan alam kota Solo, Surakarta, senantiasa memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi siapa saja yang datang ke kota ini. Ditambah lagi, apabila ketika di sore hari, maka masyarakat kota Solo akan dapat menikmati suasana ramai di Alun-Alun Kidul Surakarta sembari menikmati sajian makanan yang dijual di sekitar pinggir jalan. Biasanya, tempat ini paling pas apabila dikunjungi ketika diwaktu malam Minggu bersama dengan teman sebaya, sahabat, dan keluarga tercinta.

Foto : @asyrf.zi_

Foto : @zuklikrisna

Cerita Menarik Dibalik Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul yang berlokasi di kota Surakarta ini disebut juga sebagai Alkid. Ini merupakan bagin terpenting dari sebuah kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Adapun lokasi utama dari keberadaan Alkid ini yaitu berada di sekitar jantung ibu kota Bengwan yang bisa diakses dengan sangat mudah sekali. Setiap hari, selalu saja banyak jenis kendaraan umum yang melintas di area kompleks bangunan tersebut untuk melihat keindahan dan keunikan tempat ini.

Alun-Alun Kidul Surakarta mempunyai cerita catatan sejarah yang sangat melegenda. Sebenarnya, keberadaan dari alun-alun ini didirikan oleh pemerintahan Susuhunan Pakubuwana kedua yaitu tepatnya pada tahun 1744, yang mana saat itu merupakan seorang pengganti dari Keraton Kartasura yang saat itu sedang mengalami kekacauan luar biasa, akibat dari adanya peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1743. Bahkan ketika itu, peristiwa konflik ini cukup memanas di kota Surakarta.

Namun, saat telah diresmikannya negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi negara yang merdeka pada tahun 1945, seketika kompleks bangunan keraton di area ini masih sering sekali difungsikan seagai lokasi tinggal para raja dan juga rumah tangga keluarga para istana. Alun-Alun Kidul tersebut, dikelilingi oleh sebuah perkampungan tradisional yang sering sekali dijadikan sebagai tempat tinggal untuk para abdi dalem, kampong tersebut disebut dengan kampung Baluwarti.

Spot Wisata Di Alun-Alun Kidul Surakarta

Banyak sekali spot wisata menarik yang bisa dikunjungi di Alun-Alun Kidul Surakarta. Setiap bangunan yang ada didekat alun-alun ini memiliki simbol yang penuh makna mendalam. Misalnya saja, spot wisata bernama Kandang Kebo Kyai Selamet. Banyak masyarakat yang sangat tertarik terhadap spot wisata yang satu ini, dikarenakan melalui tempat ini juga dapat memberikan nlai-nilai edukasi menarik kepada anak mengenai perbedaan kerbau dan sapi atau lembu.

Selain itu, spot wisata ini juga memiliki filosofi mengenai arti penting dari sebuah kehidupan dan kematian. Berdasarkan riwayat cerita yang ada. Pada mulanya, tipe dan jenis kerbau yang diletakkan pada kandang tersebut merupakan jenis dari kerbau berwarna Albino yang dimiliki oleh Klangenan Raja, yang merupakan seorang Kyai. Akan tetapi, kerbau asli tersebut telah mati dan tinggal keturunannya saja. Kerbau ini dikirab setiap acara malam 1 Muharram atau 1 Suro.

Masyarakat Surakarta memiliki asumsi jika keberadaan dari kebo bule di Alun-Alun Kidul Surakarta dianggap sebagai salah satu hewan keramat yang harus dijaga karena membawah berkah. Biasanya, proses arak-arakan yang akan berlangsung tersebut akan dihadiri oleh masyarakat dengan cara berbondong-bondong menuju keluar rumah. Bahkan, sebagian besar masyarakat meyakini jika kotoron kerbau bule ini akan membawa banyak manfaat didalam kehidupan.

Spot wisata kedua yang ada di alun-alun adalah gerbong berbentuk kereta jenazah yang dulu digunakan untuk mengangkut jenazah dari Pakubuwono X. Selain gerbong jenazah, di tempat ini juga terdapat gerbong kereta api berbentuk pesiar. Kedua objek tersebut berada di sekitar kawasan Sitihinggil, tepatnya berada di antara sayap bagian sisi sebelah timur dan di antara sayap sebelah barat. Karena itulah kedua tempat wisata ini merupakan wisata yang menarik hati.

Spot wisata terakhir yang ada di sekitar Alun-Alun Kidul Surakarta yaitu memiliki wahana permainan menarik untuk keluarga. Mulai dari adanya becak hias warna-warni, playground, arena pemancingan anak-anak, komedi putar, dan food street yang lezat serta nikmat di sekitar pinggir jalan. Ditambah lagi, biaya untuk bisa menikmati wisata di sekitar tempat ini sangat free. Bahkan, untuk harga makanan yang dijual di tempat in sangatlah murah dan irit kantong.

Demikianlah informasi menarik seputar tentang hal-hal seru dari ragam variasi spot wisata menarik yang ada di sekitar Alun-Alun Kidul Surakarta. Semoga, info ini bisa memberikan motivasi kepada seluruh wisatawan yang hadir untuk menjadi tempat recomended terbaik melepas rasa lelah dengan budgeting yang murah meriah namun tetap menyenangkan. Selamat mencoba!

By Published On: Kamis, 25 Maret 2021Views: 1556

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!