Kebun Raya Gunung Tidar

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Magelang tapi tidak menginjakkan kaki di Gunung Tidar. Gunung Tidar atau Kebun Raya Gunung ini letaknya ada di tengah kota Magelang, Jawa Tengah. Selain menjadi destinasi wisata alam, tempat ini juga menjadi destinasi wisata religi dan area pendidikan militer loh. 

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar mengatakan bahwa Gunung Tidar ini  dikenal sebagai “Paku Tanah Jawa”, Wisatawan yang datang bisa sampai ke puncak Gunung Tidar dengan menapaki 1.002 anak tangga, begitupun saat ingin kembali. 

Penataan wisata yang luasnya 70,1 hektar ini berlangsung secara bertahap sejak tahun 2014 dan selesai pada tahun 2017. yang dahulunya jalur naik ke puncak hanya jalan stapak, sekarang sudah ada ubin dan anak tangga loh.

Tenang saja, disana terdapat area beristirahat pada beberapa titik untuk pengunjung yang ingin melepas lelah dan menikmati suasana teduh serta udara segar disepanjang jalur pendakian. Tentunnya kamu juga bisa loh berfoto dengan latar pepohonan rindang.  Tersedia juga kok fasilitas umum seperti toilet dan tempat duduk.

Tidak hanya indah, wisata ini bisa kamu kunjungi hanya dengan membayar tiket masuk Rp. 3.000,- saja loh. Biasanya wisatawan domestik yang datang rutin adalah rombongan pengajian , dan dari pondok pesantren, sedangkan wisatawan mancanegara yang datang biasanya berasal dari Amerika, Eropa, Asia Timur, dan Timur Tengah loh.

Menariknya, kamu bisa kesana kapan aja karena mereka beroperasi 24 jam setiap hari, itu karena mereka harus melayani masyarakat yang punya kepentingan untuk wisata ziarah. Kamu tidak perlu khawatir soal meniti anak tangga di malam hari, karena disana tersedia penerangan di sepanjang jalan, 57 Petugas juga akan selalu berjaga dengan pembagian tiga waktu kerja sehari. Mereka terdiri dari petugas keamanan, petugas kesehatan, pemandu wisata, petugas tiket, petugas administrasi, dan juga petugas penata lokasi.

Adapun spot yang sayang untuk kamu lewatkan adalah:

  • Makam Syekh Subakir
  • Makam Kiai Sepanjang
  • Makam Mbah Semar
  • Makam Bos Cerutu Se-Asia
  • Tugu Sa
  • Monumen Tanah Air Satu Bangsa
  • Gardu Pandang Taman Elang Jawa
  • Area Memberi Makan Monyet

Pastikan kamu mampir ke wisata ini ya jika berkunjung ke magelang.

By Published On: Senin, 29 Mei 2023Views: 2252

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!