Keindahan Taman Balekambang Surakarta. Keindahan alam kota Solo selalu memberikan banyak sekali inspirasi sebagai tempat wisata agar mampu mendamaikan hati agar selalu tentram dan damai. Salah satu tempat wisata terbaik tersebut yaitu Taman Balakembang yang memiliki nuansa hijau yang asri dan berseri.

Foto : @pril.maha

Foto : @agthanitawibawa

Keberadaan taman ini pertama kalinya dibangun oleh pihak KGPAA Mangkunegara ke-VII sebagai hadiah untuk putrinya, yitu GRAy Partinah dan GRAy Partini. Itulah sebabnya, tempat wisata ini sangat disukai masyarakat.

Keunggulan Berwisata Di Taman Balekambang

Ada banyak sekali alasan dari masyarakat memilih tempat ini sebagai wahana wisata terbaik yang harus dikunjungi ketika di akhir weekend. Dikarenakan, Taman Balekambang ini memiliki dua objek patung berbentuk putir kerajaan yang diletakkan tepat pada area dalam taman. Selain itu, di dalam Balekambang mempunyai taman hutan kota bernama Partinah Bosch, dan kolam air yang luas dan dalam bernama Partini Tuin. Sehingga, taman ini tepat sekali dikunjungi oleh anak-anak.

Apabila ingin berkunjung untuk menikmati keindahan Taman Balekambang ini, maka wisatawan tidak perlu merasa khawatir, karena lokasi dari wisata ini sangat dekat dengan pusat kota dan bisa diakses secara mudah dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Lokasi taman ini berada di Jalan Ahmad Yani, wilayah Surakarta, dengan luas area sebesar 9,8 hektar. Adapun jam buka dari tempat wisata ini adalah setiap hari yaitu dari pukul 7 pagi hingga pukul 18.00 sore hari.

Rekonstruksi bangunan Taman Balekambang ini memiliki infrastruktur yang merupakan perpaduan antara budaya Eropa dan budaya Jawa. Dalam arti kata lain, wisata ini mempunyai ragam unsur budaya klasik yang unik dari setiap desain, infrastruktur, dan bangunan yang dimiliki. Selain itu, tempat wisata ini juga dibangun atas dasar untuk membantu masyarakat Solo dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, misalnya air kolam untuk membersihkan kotoran dan bermain perahu.

Pembangunan tempat wisata ini juga bersamaan dengan penanaman tumbuhan beringin sungsang, kenari, beringin putih, dan apel berwarna coklat. Bibit dari tanaman ini diperoleh dari negara-negara Eropa yang berkunjung ke kota Solo. Adapun fungsi dari taman wisata ini memiliki peranan penting sebagai paru-paru kota dan resapan air untuk keseimbangan nuansa hijau dari kota Solo agar selalu menampilkan suasana yang sangat rimbun dan menjaga keindahan kota dari panas.

Ketika dibangunnya Taman Balekambang ini, untuk menarik perhatian wisatawan yang datang, maka rakyat kota Solo ikut serta meramaikan dengan pertunjukan seni rakyat lokal, seperti ketoprak lesung. Tradisi rakyat ini merupakan kesenian asli dalam bentuk sajian ketoprak seperti Jakarta yang dimainkan dengan iringan musik lesung yang sangat nyaring dan merdu. Itulah sebabnya, pemerintah saat ini memfungsikan tempat ini sebagai taman budaya dan seni.

Tahun 2008, pemerintah kota Solo juga menjadikan lokasi dari Taman Balekambang ini sebagai taman botani dan taman edukasi bagi rakyat. Tujuannya adalah agar taman ini semakin dikenal masyarakat sebagai taman inspiratif yang memberikan kesan tersendiri. Wisatawan yang datang ke tempat ini juga akan disuguhkan dengan berbagai macam sajian permainan rakyat yang sangat khas, serta aneka macam cenderamata dan jajanan pasar yang bisa menjadi oleh-oleh.

Wahana Wisata Alam Taman Balekambang

Taman Balekambang merupakan salah satu wisata alam yang memiliki banyak sekali wahana lainnya, di antaranya dilengkapi oleh beberapa tempat bersantai, kolam, area bermain anak, gedung kesenian, perahu, becak hias, kereta putar, dan taman reptil.

Wisata alam hijau terbuka ini juga ditumbuhi oleh berbagai macam jenis pohon yang sangat rindang, bahkan ada yang tergolong telah langka dan berusia hingga ratusan tahun. Suasana semakin menyenangkan, dengan adanya kumpulan rusa yang berkeliaran di dalam area taman tersebut.

Demikianlah informasi menarik seputar tentang keseruan dari wahana wisata alam Taman Balekambang. Semoga, info ini bisa memberikan banyak inspirasi kepada masyarakat untuk mengajak anak-anak dan keluarga agar dapat menikmati hari libur dengan cara yang menyenangkan. Jika ingin berkunjung ke taman wisata ini, maka biaya tiket yang dikeluarkan terbilang murah, sehingga tidak akan memberatkan masyarakat yang ingin datang ke taman wisata ini.

By Published On: Sabtu, 20 Maret 2021Views: 1650

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!