Goa Jatijajar Kebumen

Merupakan salah satu objek wisata alam yang dimiliki Kebumen, Goa Jatijajar ini terletak di wilayah selatan kawasan pegunungan kapur, tepatnya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berjarak sekitar 32 Km dari kota Kebumen. Kabarnya kini wisata Goa Jatijajar menjadi objek wisata andalan Kebumen loh, hal itu karena wisata ini yang paling banyak dikunjungi wisatawan, apalagi di tiap akhir pekannya. Apa sih daya tarik wisata yang satu ini?

Daya Tarik Goa Jatijajar Kebumen

Usia dari Goa Jatijajar ini sangatlah tua, dan di sana kamu bisa melihat logo fosil dinosaurus seperti dalam film Jurrasic Park. Menurut sejarahnya goa ditemukan pertama kali tahun 1802. Pembangunan Goa Jatijajar menjadi objek wisata mulai dilakukan pada 1975 berdasarkan ide gubernur Jawa Tengah saat itu. Di sana juga terdapat patung raksasa dinosaurus mengeluarkan air sampai ke mulut Goa, logo dan patung tersebut dibuat untuk menunjukkan bahwa usia Goa Jatijajar sangatlah tua.

Tahukah kamu?, air yang keluar dari mulut patung dinosaurus itu berasal dari Sendang Kantil dan Sendang Mawar, kedua sendang tersebut tidak pernah kering sepanjang tahun dan berada di dalam Goa. Tidak hanya Sendang Kantil dan Sendang Mawar saja, di dalam goa juga terdapat Sendang Puser Bumi dan Sendang Jombor. Keempat sendang tersebut dipercaya mengandung khasiat masing-masing. Salah satunya Sendang Mawar yang dipercaya mampu membuat seseorang awet muda dengan mandi ataupun mencuci muka dengan air sendang tersebut. Informasi untuk kamu, sendang yang saat ini mudah dijangkau hanyalah sendang mawar dan kantil, dua sendang lainnya masih gelap serta licin.

Tidak hanya sendang nih, di sana kamu juga akan melihat Stalagtit, Stalagmit, dan banyak Tiang Kapur. Tiang kapur sendiri merupakan fenomena pertemuan antara stalagtit dan stalagmit yang terbentuk selama jutaan tahun loh. 

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Berikut ini adalah informasi harga tiket dan jam operasional wisata Goa Jatijajar Kebumen:

  • Dewasa : Rp. 12.500,- ( Belum termasuk biaya parkir )
  • Anak-anak : Rp. 5.500,- ( Belum termasuk biaya parkir )

Wisata Goa Jatijajar ini buka setiap hari dan kamu bisa berkunjung antara Pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB. Usahakan untuk tidak datang ke lokasi pada waktu mendekati wisata tutup yaaaa.

By Published On: Senin, 6 Februari 2023Views: 7822

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!