Kawah Sikidang Dieng BanjarnegaraMerupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki Dieng, Kawah Sikidang ini wajib kamu kunjungi saat berada di Banjarnegara. Kawah ini terkenal dengan fenomena kawahnya yang bisa pindah atau melompat dalam kawasan yang luas, tidakkah mengingatkanmu pada karakter hewan kidang? (kijang dalam bahasa Jawa kuno) hihihi. Kawah Sikidang adalah kawah yang paling diminati dan paling mudah dicapai diantara kawah-kawah lainnya di Dieng. Di sana kamu bisa loh menyaksikan langsung aktivitas vulkanik dengan mudah.

Seperti yang kita tahu bahwa dataran tinggi Dieng adalah Gunung berapi raksasa, di sana terdapat beberapa telaga dan kawah bekas dari letusan gunung yang dihuni oleh penduduk, kawah-kawahnya pun memiliki daya tarik tersendiri seperti Kawah Sikidang Dieng ini. Posisinya yang lebih mudah dicapai diantara kawah-kawah lainnya yang berada di ketinggian puncak gunung berapi menjadi salah satu alasan kawah ini sangat diminati wisatawan, karena mereka bisa dengan leluasa melihat lumpur panas meletup-letup ataupun gas dan asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara. Benar-benar menarik perhatianmu bukan?

Fenomena Kawah Sikidang Dieng

Seperti yang sudah kita bahas di atas, fenomena Kawah Sikidang Dieng yang bisa berpindah atau seakan melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kijang ini menjadi salah satu asal usul penamaan Kawah Sikidang. Kolam kawah akan pindah atau seakan melompat pada waktu tertentu yang rata-rata sekali dalam 4 tahun

Lokasi, Tiket, dan Jam Operasional Wisata

Buat kamu yang tertarik dan ingin berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng ini, kamu bisa langsung datang di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Namun masih banyak yang mengira bahwa lokasi wisata ini ada di Wonosobo loh, untuk mencapai lokasi Wisata Kawah Sikidang Dieng sangat mudah kok, lokasinya dekat dengan Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima.

Tarif masuk wisata ini pun merupakan terusan dari tiket wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi bima sebesar Rp. 10.000,-. Harga yang sangat murah untuk tiga objek wisata sekaligus bukan?. Wisata Kawah Sikidang ini sendiri buka setiap hari mulai dari Pk. 07.00 – Pk. 16.00 WIB. 

By Published On: Kamis, 12 Januari 2023Views: 16104

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!