Jelajah Destinasi Chapter Kotagede bertajuk eXploraSEE sukses diselenggarakan pada Sabtu (21/01) di kawasan Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Badan Otorita Borobudur (BOB) dengan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja. Acara ini melibatkan 34 peserta yang terdiri dari beragam latar belakang. Pada gelaran eXploraSEE Kotagede ini, peserta diajak berkeliling Kotagede dengan berjalan kaki melewati berbagai macam spot destinasi pilihan.

Kegiatan eXploraSEE mengajak para peserta untuk menelusuri berbagai destinasi wisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kotagede. Peserta tidak hanya sekedar berjalan kaki menikmati gang-gang sempit khas Kotagede namun juga merasakan berbagai pengalaman menarik melalui games dan tantangan yang diberikan dalam setiap posnya. Peserta melewati berbagai macam kuliner khas Kotagede, experience bersama warga seperti mencoba belajar gamelan, tari, geguritan dan jemparingan hingga mempelajari sejarah berbagai situs yang ada di sepanjang jalan yang disusuri.

Kegiatan yang melibatkan berbagai stakeholder ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Mulai dari peserta, panitia, pokdarwis, umkm hingga masyarakat yang ada di Kotagede dapat dengan mudah dan siap menjadi tuan rumah bagi para wisatawan yang akan berkunjung.

Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Badan Otorita Borobudur, Ramlan Kamarullah menyampaikan kegiatan ini sangat penting artinya untuk pengembangan sekaligus publikasi kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda untuk mencintai dan berwisata di Indonesia aja. Kami berharap hasil-hasil video, reals maupun fotografi dapat di publish ke semua sosial media peserta dan GenPi, sehingga berdampak positif bagi destinasi kotagede dapat dikenal masyarakat luas.

“Kami juga berharap semoga acara ini sebagai salah satu media pengenalan Badan Otorita Borobudur ke berbagai stakeholder yang terlibat.  Masih banyak orang yang mengenal Badan Otorita Borobudur  mengurusi Candi Borobudur. Padahal kami tidak terlibat secara langsung dalam hal pengelolaan Candi Borobudur. Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Tugas Otoritatif mencakup pengelolaan lahan seluas 309 ha di perbukitan Menoreh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sedangkan Tugas koordinatif yang meliputi 3 kawasan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN), antara lain Borobudur – Yogyakarta dan sekitarnya, Solo – Sangiran dan sekitarnya, Semarang – Karimun jawa dan sekitarnya yang mencakup 30 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, DIY dan sebagian Jawa Timur” Ungkap Ramlan.

Sundari, salah satu UMKM yang terlibat dalam acara ini mengaku sangat senang dapat menjadi bagian dari eXploraSEE. Ia merupakan salah satu UMKM yang terpilih di bidang kuliner dalam acara eXploraSEE Kotagede.  “Seneng banget ada acara seperti ini, jadi kita biar ada bahan promosi. Harapannya acara seperti ini tidak hanya sekali, tapi bisa diadakan lagi kedepannya, biar semuanya juga kena manfaatnya,” ungkap Sundari pemilik UMKM Gethuk di Pasar Legi Kotagede.

Acara ini tentu dapat berlangsung berkat dukungan luar biasa dari Badan Otorita Borobudur yang selalu berkomitmen dalam memajukan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Peserta eXploraSEE

Adista salah satu peserta dalam acara ini juga mengungkapkan rasa puasnya dengan acara eXploraSEE. Menurutnya, Acara ini dapat mengenalkan cara berwisata yang keren dan menarik.

“eXploraSee chapter Kotagede seru dan asik banget! Kita bisa mengeksplor dan belajar tentang sejarah, kuliner, heritage dan budaya. Meskipun agak bingung dari clue yang telah diberikan namun perlahan dapat menyelesaikan misi demi misi. Kita dapat mencicipi serta belajar cara membuat kue legend ala Kotagede, bermain mainan tradisional jaman mataram yaitu Jemparingan, belajar budaya tentang perak yang bahkan diekspor ke Luar Negeri”, ungkap Adista.

Peserta eXploraSEE belajar jemparingan

“Semoga sering diadakan eXploraSee chapter chapter berikutnya yang lebih menarik dan menambah varian baru seperti menggunakan transportasi seperti sepeda”,tambah Adista

Jelajah Destinasi Kotagede bersama eXploraSEE

eXploraSEE tidak hanya berhenti sebagai kegiatan jelajah destinasi saja. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini berupa video promosi yang dikemas secara menarik melalui program reality show. Video promosi yang dihasilkan ini harapannya dapat menarik berbagai wisatawan untuk berkunjung ke Kotagede. Dengan adanya hal ini, kebermanfaatan eXploraSEE tidak hanya sebatas kegiatan namun juga dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi pariwisata dan ekraf di Yogyakarta.

Pemenang eXploraSEE Chapter Kotagede

Berbagai momen seru dan menarik seputar kotagede dapat disaksikan melalui kanal media sosial Badan Otorita Borobudur di @boborobudur dan @Genpijogja serta Youtube Channel Genpi Jogja Istimewa.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment