Kulonprogo – Badan Otorita Borobudur (BOB) telah merampungkan masterplan pembangunan Borobudur Highland, sebuah kawasan pariwisata terpadu berbasis resort yang diproyeksikan menjadi produk pariwisata baru di Kawasan Pariwisata Borobudur, Jawa Tengah. Apa saja isi master plan tersebut?

Dalam masterplan ini, kawasan Borobudur Highland terbagi menjadi 5 zona yaitu, Zona Gerbang Masuk (the gate), Zona Resort Eksklusif (exclusive resort), Zona Wisata Petualangan (adventure tourism), Zona Wisata Budaya (cultural tourism), dan Zona Ekstrim (extreme tourism).

Selain itu, dikembangkan beberapa sarana dan wahana antara lain Komersial UMKM, Amphitheater, Taman Anggrek, Tree Top Cycling, Mountain Biking, Multimedia Night Walk, Zip Coaster, Outbond Centre, Children playgroup and mini zoo, Borobudur Conner, Health, Spa, and Wellness Centre, Forest traching dan Off Road. Pengembangan ini dipusatkan di lahan berstatus hak pengelolaan (HPL) seluas 29 hektar dari total luas lahan yang tersedia yakni mencapai 300 hektar.

“Jadi ada dua macam (pengembangan) satu di atas HPL, satunya lahan kerjasama dengan perhutani. Kalau di atas HPL pembangunan dilakukan masif, jadi nanti bentuknya villa, kalau di luar seperti bobobox (jaringan hotel kapsul waralaba di Indonesia),” ujar Direktur Utama BOB, Indah Juanita dalam sosialisasi masterplam zona otorita Kawasan Pariwisata Borobudur di Wates, Kulon Progo, Selasa (27/4/2021).

“Kita juga membuat atraksi wisata seperti flying fox, down hill, theme park. Nanti juga ada Amphitheater untuk menampung atraksi budaya,” sambungnya.

Indah menjelaskan tema yang diangkat dalam pengembangan Borobudur Highland adalah cultural eco-resort. Proyek ini bernilai investasi tidak kurang Rp 1.5 triliun. Nilai ini belum termasuk pembiayan infrastruktur dasar seperti pembuatan jalur jalan, penyediaan air bersih, dan air minum yang ditaksir mencapai Rp 290 miliar.

Digadang-gadang kehadiran Borobudur Highland bisa menyerap hingga 1.800 tenaga kerja di seputar Zona Otoritatif. “Masyarakat akan banyak dapat manfaat, pertama mereka bisa terserap tenaga kerjanya, baik saat konstruksi maupun operasional nanti. Lalu ada pertumbuhan nilai lahan di sekitarnya dan juga permintaan untuk logistik,” ucap Indah.

BOB menargetkan pengembangan Borobudur Highland kelar pada 2030 mendatang, di mana 17 kavling untuk pembangunan resort terisi dengan okupansinya 70 persen. Ditargetkan resort bisa menyediakan lebih dari 1.000 kamar. Adapun saat ini BOB sudah memasuki proses pembangunan dengan diawali sosialisasi masterplan kepada stakeholder terkait di kawasan zona otorita.

Nantinya Borobudur Highland bakal menjadi destinasi wisata alam yang dapat menampung sedikitnya 1 juta orang, dengan rincian 500.000 orang menginap dan sisanya kunjungan biasa.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sumber Daya Alam, Kulon Progo, Bambang Tri Budi Harsono yang turut hadir dalam sosialisasi masterplan menyambut baik kehadiran Borobudur Highland. Ia menyatakan Pemkab Kulon Progo mendukung sepenuhnya destinasi ini dan berusaha semaksimal mungkin agar kehadiran Borobudur Highland dapat bermanfaat bagi Kulon Progo juga.

“Karena menuju ke lokas Borobudur Highland itu juga lewat Kulon Progo, kami sudah siapkan berbagai wisata penunjang dapat ditemui selama perjalanan menuju ke sana, seperti Kali Biru, Pule Payung, Gua Kiskendo dan wistaa lain yang dikembangkan kelompok-kelompok masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui Borobudur Highland terletak sekitar 12 kilometer dari Candi Borobudur ke arah barat. Secara administratif destinasi wisata ini berlokasi di Purworejo, Jawa Tengah. Saat ini lokasi itu masih berupa hutan pinus di ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut.

Wilayah tersebut akan dikelola dengan rincian 50 hektare menjadi sertifikat hak pengelolaan lahan BOB dan 259 hektare dalam bentuk kerja sama antara BOB dengan Perum Perhutani selama 30 tahun, dan dapat diperpanjang.

 

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-5548749/borobudur-highland-segera-dibangun-ini-isi-master-plannya/2

By Published On: Selasa, 27 April 2021Views: 255

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!