Ingin menjelajah wisata alam Yogyakarta belum lengkap kalau belum mengunjungi Kebun Buah Mangunan. sebelum munculnya wisata-wisata alam kekinian dengan view yang spektakuler di Jogja, bisa dibilang Kebun Buah Mangunan merupakan pelopor wisata alam kekinian.

Foto : @taufikbudjana

Foto : @novitaandriya

Berada di ketinggian sekitar 150 – 200 mdpl dengan luas mencapai 23,3 hektar, Kebun Buah Mangunan cocok menjadi tempat liburan bagi mereka yang sudah penat dengan kehidupan perkotaan.

Sesampainya di puncak Kebun Buah Mangunan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat menyejukan dari hijaunya deretan perbukitan sewu. Ditambah dengan liukan Kali Oya yang menambah epic pemandangan disini.

Di puncak Kebun Buah Mangunan terdapat gazebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan dibawahnya. Waktu favorit mengunjungi Kebun Buah Mangunan yaitu saat matahari terbit dan saat matahari tenggelam. ketika datang pada pagi hari buta, pengunjung akan meyaksikan fenomena lautan awan putih yang dipadu dengan semburat kuning keorenan dari matahari terbit. Jika ingin menyaksikan pemandangan lautan awan, disarankan untuk sebelum subuh sudah ada di tempat.

Selain menikmati pemandangan yang menyejukan mata, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, diantaranya hiking, berkemah, outbond dan lainnya. Biaya masuk Kebun Buah Mangunan pun relative murah, hanya Rp 5000,-/orang dengan jam buka mulai pukul 4.30 pagi ? 6.00 petang.

Selepas dari sini, pengunjung bisa mengunjungi obyek wisata lain yang memang masih satu komplek dengan Kebun Buah Mangunan, antara lain Puncak Becici, Bukit Mojo, Hutan Pinus Pengger, Jurang Tembelan dan masih banyak lainya.

Rute menuju Kebun Buah Mangunan cukup mudah. Dari terminal Giwangan terus ke selatan melewati jalan Imogiri Timur sampai bertemu pertigaan lalu ambil kiri. Ikutin jalan sampai menemukan papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan.

Sesampainya disana, pengunjung harus melewati jalan menanjak yang cukup curam. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, namun akan lebih seru jika kendaraan diparkir di dekat pintu masuk, lalu melanjutkan perjalanan ke puncak dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau khas pegunungan.

By Published On: Minggu, 14 Maret 2021Views: 720

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!