Magelang – Pelaku wisata yang tergabung dalam Komunitas VW Cabrio Borobudur, Kabupaten Magelang, melakukan simulasi trip wisata naik mobil VW menuju New Normal. Simulasi dilakukan dengan keliling di desa-desa sekitar Candi Borobudur dengan menerapkan protokol kesehatan.
Simulasi ini diawali dengan berkumpulnya wisatawan di Tourism Information Center (TIC) Borobudur di Jalan Balaputradewa No 1 Dusun Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Rombongan wisatawan yang tiba di kawasan ini, langsung mendapatkan briefing dari pemandu.
Kali pertama wisatawan dicek suhu tubuhnya dengan thermal gun, kemudian wisatawan diminta membersihkan tangannya dengan hand sanitizer. Sedangkan pengunjung yang tidak memakai masker, kemudian diberikan masker.

Komunitas VW Cabrio Borobudur
Cek suhu tubuh wisatawan Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Sebelum menaiki mobiil VW, mobil terlebih dahulu disemprot dengan disinfektan. Setelah itu, wisatawan dipersilakan naik VW dengan diberi caping untuk penutup kepala serta minuman. Kemudian, penumpang dibatasi hanya dua orang, sedangkan pengemudi memakai masker, face shield atau pelindung wajah dan memakai sarung tangan.
Ketua Komunitas VW Cabrio Borobudur, Prana Aji mengatakan, simulasi trip VW sesuai regulasi new normal. Simulasinya dengan standar new normal meliputi tamu harus bersih, memakai masker, dicek suhu tubuh, kemudian saat naik mobil dengan jaga jarak.
“Simulasi trip VW secara regulasi New Normal, Simulasinya standar new normal di antaranya tamu harus bersih, harus bermasker, harus cuci tangan, suhu tubuh dicek, harus ada jarak di mobilnya. Di mobil hanya ada dua penumpang,” kata Aji di sela-sela simulasi trip VW, Rabu (3/6/2020).

Komunitas VW Cabrio Borobudur
New Normal, VW Cabrio Borobudur Siap Sambut Wisatawan Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Untuk new normal, katanya, dari Komunitas VW Borobudur selalu siap menghadapi new normal sesuai yang dicanangkan pemerintah. Pihaknya menyatakan kesiapannya menjalankan new normal sesuai standar yang ada.
“Kami selalu siap. Dari awal, siap untuk melaksanakan new normal sesuai standar yang dicanangkan,” kata dia.
Selama pandemi ini, kata dia, sudah ada beberapa wisatawan yang menanyakan dibukanya kembali wisata trip tersebut. Pihaknya akan kembali membuka setelah ada pengumuman dari pemerintah. Untuk itu, sekarang yang dilakukan persiapan.
“Kami persiapan ini, makanya sesuai regulasi new normal, nanti standarnya seperti ini yang akan dilaksanakan,” tuturnya.
Adapun dalam simulasi trip VW menempuh waktu sekitar 2 jam. Untuk rute yang dilalui dari TIC, menuju depan gerbang Candi Borobudur. Kemudian, keliling terus menuju Balkondes Tuksongo. Di kawasan ini, wisatawan bisa selfie maupun foto-foto dengan view Pegunungan Menoreh.

Komunitas VW Cabrio Borobudur
Komunitas VW Cabrio Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Kemudian, rute selanjutnya melintasi persawahan di kawasan Ngaran, terus menuju persawahan Wanurejo dan melintasi perkampungan serta finish di Pawon Luwak Coffee.
“Simulasi trip VW menuju new normal ini sangat menyenangkan sekali. Kami bisa melihat perkampungan dan pemandangan yang ada di sekitar Candi Borobudur. Kami mendukung sekali adanya protokol kesehatan yang ada,” tutur Bagyo, salah satu peserta simulasi trip.

Komunitas VW Cabrio Borobudur
Komunitas VW Cabrio Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Sementara itu, Ketua Pesona Magelang (Pesma) Sahrodin mengatakan, simulasi protokol COVID-19 di pelayanan pariwisata. Pihaknya berharap, pelaku wisata siap menyambut new normal jika sudah diberlakukan oleh pemerintah. Diharapkan dengan simulasi tersebut, masyarakat mulai minat terhadap pariwisata.

“Kami berharap dengan simulasi-simulasi ini masyarakat mulai mempunyai minat terhadap pariwisata. Simulasi yang dilakukan untuk pembiasaan atau perubahan mindset terhadap perilaku pariwisata agar mereka mulai terbiasa dengan situasi baru ini,” ujarnya.

 

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-5039514/new-normal-vw-cabrio-borobudur-siap-sambut-wisatawan

By Published On: Kamis, 4 Juni 2020Views: 333

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!