Dalam rangka menyiapkan “The New Normal“ kondisi pariwisata Pasca Pandemi COVID-19 yang merupakan situasi dimana wisatawan nantinya akan sangat peduli dan menuntut terhadap terhadap standar kebersihan, kesehatan dan keamanan di destinasi wisata, Dinas Pariwisata DIY bersama GIPI DIY sedang menyiapkan pemenuhan standar dan fasilitas tersebut yang akan diberlakukan di semua Industri Pariwisata di DIY termasuk Destinasi Wisata di DIY .

Beberapa kegiatan yang sedang berlangsung dan akan dilaksanakan antara lain :

–              Pembersihan Destinasi Wisata

–              Perbaikan Fasilitas di Destinasi Wisata

–              Penambahan Fasilitas Kebersihan

–              Penyediaan Fasilitas Cuci Tangan

–              Peningkatan Kualitas SDM dengan Pelatihan Online (Marketing, Visitor manajemen, Pemanduan)

–              Penyusunan SOP Standart Protokol Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan untuk Akomodasi, Restoran, Transportasi, Destinasi dan Event.

–              Sosialisasi dan Uji coba SOP standart protocol Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan

Dalam Penyiapan SOP Industri Pariwisata DIY meliputi Kesiapan dari Hotel, Restoran, Transportasi, Pemandu dan Destinasi Wisata dalam menerima atau melayani wisatawan dengan berpedoman pada Protokol Kesehatan pencegahan penularan COVID-19 akan membuat wisatawan dapat merasa aman dan nyaman saat berkunjung dan menikmati sarana dan prasarana pariwisata di DIY. Dalam penyusunan SOP atau Standart Protokol Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan untuk Akomodasi, Restoran, Transportasi, Destinasi dan Event ini Dispar DIY berkolaborasi dan koordinasi dengan GIPI DIY yang menaungi 22 UJP. Sebagai contoh di Hotel indoslot pada saat wisatawan menginap, prosedur apa saja yang harus di ikuti, pengecekan suhu badan, penggunaan masker, penanganan kamar setelah tamu check out dsb, termasuk transportasi, daya tampung mobil menyesuaikan protocol physical distancing, penyediaan handsanitizer dsb.

Selain itu sebagai persiapan untuk Menghadapi masa The New Normal, Dispar DIY juga melakukan penyiapan informasi berupa penyiapan konten video yang berisi serangkaian kegiatan kesiapan di destinasi/desa wisata, bagaimana industri pariwisata mendemonstrasikan keseriusan dalam menyiapkan hygiene dan sanitasi dengan serius. Langkah kongrit Pemda DIY dalam penyiapan the new normal adalah berupa memberikan stimulus pemasangan Wastafel di 50 destinasi/desa wisata di DIY dengan pola padat karya masyarakat didestinasi dan desa wisata tersebut, secara prinsip bahwa pada saat ini kami membantu bagaimana destinasi dan pelaku usaha pariwisata untuk dapat menjalankan aktivitas tanpa terganggu dan meyakinkan wisatawan memperoleh jasa dan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan. Berkaitan dengan kapan dibukanya destinasi wisata di DIY tentunya akan memperhatikan kesiapan baik destinasi maupun SDM dan melihat situasi  kondisi perkembangan Covid-19 serta setelah mendapat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di DIY.

Yogyakarta, 21 Mei 2020

Kepala Dinas Pariwisata DIY

Singgih Raharjo, SH., M.Ed.

By Published On: Jumat, 22 Mei 2020Views: 423

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!