Dalam upaya pencegahan masuknya virus corona penyebab COVID-19 di lingkungan bandara, PT Angkasa Pura I (Persero) Yogyakarta International Arport (YIA) telah melakukan berbagai langkah antisipatif. Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan bandara pada Minggu (15/3/2020) malam.

Sebagai pintu masuk masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia dan sebentar lagi juga akan menerima penumpang dari penerbangan internasional, YIA dirasa perlu melakukan pencegahan awal masuknya berbagai penyakit. Kegiatan tersebut juga sebagai aksi tanggap dalam pencegahan penyebaran virus corona yang makin meluas.

Sejak teridentifikasi masuknya virus corona di Indonesia beberapa waktu lalu, Manajemen YIA telah melakukan berbagai langkah antisipasi berupa penyediaan hand sanitizer di area bandara, baik di area keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

“Kami juga melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan pada Minggu (15/3/2020) di seluruh area kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan melibatkan lebih kurang 20 orang personel, terutama di titik yang sering terjadi kontak langsung dengan pengguna jasa bandara,” ungkap PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama.

Area yang mencakup penyemprotan disinfektan itu di antaranya lobby drop zone, counter customer service, area Aviation Security, check in counter, POTS, Security Check Point (SCP), musala, area ruang tunggu, area mezzanine, area kedatangan, dan pick up zone, serta di berbagai fasilitas penumpang, seperti playground, family zone, eskalator, travelator, lift, dan toilet.

Proses penyemprotan disinfektan tersebut ditujukan untuk membersihkan sejumlah fasilitas terminal yang sering digunakan oleh pengunjung bandara, sembari terus menggaungkan pola hidup bersih bagi pengguna jasa bandara dan personel yang bertugas dalam mengantisipasi potensi penyebaran virus corona.

Ia menuturkan bahwa upaya antisipasi penyebaran virus corona di bandara YIA telah dilakukan sejak penyebaran COVID-19 terjadi pada akhir tahun 2019. Penumpang di area keberangkatan dan kedatangan akan mendapatkan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer dan body thermal scanner.

Sedangkan untuk pegawai, pihak bandara mewajibkan pegawai yang sering melakukan kontak langsung dengan penumpang untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Monitoring kesehatan pegawai juga telah dilakukan setiap hari di YIA.

Secara rutin, PT Angkasa Pura I (Persero) terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan komunitas bandara terkait lainnya.

“Aksi nyata berupa pencegahan penyebaran virus di YIA yang dilakukan setiap hari diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif serta menjaga rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa dan komunitas bandara,” jelas Agus Pandu Purnama.

Sumber : https://jogja.suara.com/read/2020/03/16/172000/cegah-virus-corona-bandara-yia-semprotkan-disinfektan

By Published On: Selasa, 17 Maret 2020Views: 156

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!