BOB – Sragen, dalam rangka peningkatan kapasitas usaha Ekonomi Kreatif fesyen di Kawasan Pariwisata Borobudur DPN Solo-Sangiran dsk, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) melaksanakan pembukaan kegiatan Pelatihan Desain Fesyen dan Purwarupa di Kabupaten Sragen pada Senin (8/8).

Badan Pelaksana Otorita Borobudur berkolaborasi dengan Tenaga Ahli Ekraf Fesyen; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan c.q Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran; Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab Sragen; Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kab. Karanganyar; Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sragen; Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi, UKM Kab. Karanganyar dan stakeholder Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait.

Pelatihan Desain Fesyen dan Purwarupa ini dilaksanakan di 2 lokasi yaitu di Rumah Batik Mawastri, kabupaten Sragen pada tanggal 8-11 Agustus 2022 dan Rumah Batik Girilayu, kabupaten Karanganyar pada tanggal 12-14 Agustus 2022 dengan diikuti oleh perwakilan dari 8 Kelompok Batik yaitu Batara Kresna, Soka, Sekar arum, Mekar Jaya, Sekar Tandjung, Sumberbulu, Girilayu dan Ecoprint New Coral.

Dalam pelatihan dan pendampingan ini peserta mendapatkan bekal materi tentang pengenalan desain dasar dan desain produk berbahan dasar kain batik; menyusun konsep dan Koleksi serta model making/prototyping.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para pengrajin batik memiliki pengkayaan motif batik dan jenis produknya sehingga mampu menggerakkan aktivitas perekonomian masyarakat disekitar Kawasan Pariwisata Borobudur.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment