MAGELANG – Enam daya tarik wisata (DTW) di Kabupaten Magelang ditutup sementara selama 14 hari. Penutupan ini mulai pada Senin (16/3/2020) ini hingga tanggal 30 Maret 2020 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, membenarkan penutupan sementara enam daya tarik wisata (DTW).

DTW yang ditutup sementara yakni Ketep Pass, Mendut, Kalibening, Candi Umbul, Telaga Bleder, Candi Mendut dan Candi Pawon.

“Iya betul ada penutupan sementara DTW di bawah pengelolaan Pemkab Magelang. Enam DTW yakni Ketep Pass, Mendut, Kalibening, Candi Umbul, Telaga Bleder, Candi Mendut dan Candi Pawon,” kata Iwan, Senin (16/3/2020).

Penutupan sementara DTW ini menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Magelang Nomor 440/064/05/2020 tanggal 14 Maret 2020 perihal pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Penutupan DTW ini diumumkan oleh Disparpora Kabupaten Magelang melalui surat pengumuman nomor 556/203/19/2020 tentang penutupan sementara DTW di bawah pengelolaan Pemkab Magelang. Rencananya, penutupan akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 16-30 Maret 2020.

Iwan mengatakan, penutupan sementara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang. Aktivitas wisata di DTW tersebut ditutup sementara, agar tidak ada resiko penularan.

“Penutupan ini selama 14 hari, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kami berharap semoga dapat segera tertangani dan semua kembali seperti sedia kala. Pemkab Magelang terus melakukan penanganan terhadap masalah tersebut. Masyarakat diharapkan tetap tenang,” ujarnya.

Wisatawan yang Terlanjur Datang Diedukasi

Penutupan sementara DTW ini sudah dilaksanakan di segenap daya tarik wisata. Salah satunya di DTW Ketep Pass Magelang.

Penutupan sementara di DTW Ketep Pass dilaksanakan mulai 16-30 Maret 2020 mendatang.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran DTW Ketep Pass Magelang. Edward Alfian, mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi terkait penutupan sementara ini melalui media massa maupun media sosial.

Kendati demikian, masih ada wisatawan yang datang ke Ketep Pass. Pihaknya pun memberikan informasi kepada wisatawan tersebut bahwa DTW Ketep Pass ditutup sementara. Mereka pun memaklumi kondisi tersebut.

“Sejak pagi sampai sore hari ini, ada beberapa wisatawan yang belum tahu, masih datang kemari, kami tolak dengan ramah. Kami menjelaskan penutupan sementara ini. Semua wisatawan pun mampu memaklumi. Kondisi di sini kondusif. Tadi ada satu bus datang ke sini, diberikan pemahaman dan menerima dengan baik. Ada wisman juga dari Malaysia, satu mobil, diberikan pemahaman dan mereka mampu memahami,” tutur Edward, Senin (16/3/2020).

Lanjut Edward, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pedagang dan Pokdarwis yang beroperasi di DTW Ketep Pass.

Mereka pun mampu memahami dan siap bersinergi mendukung instruksi dari pemerintah daerah.

“Para pedagang dan Pokdarwis juga siap bergotongroyong menjaga kebersihan dan berbenah, mendukung instruksi dari Pemkab Magelang soal penutupan sementara ini,” ujarnya.

 

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2020/03/16/enam-daya-tarik-wisata-di-kabupaten-magelang-ditutup-sementara?page=2

By Published On: Selasa, 17 Maret 2020Views: 219

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!