Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk menyediakan fasilitas pemeriksaan identifikasi virus corona (Covid-19) secara gratis. Dia menjelaskan, saat ini tujuh rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng sudah menyediakan screening identifikasi virus corona secara gratis. Ketujuh rumah sakit tersebut, di antaranya RSUD Dr Moewardi Surakarta, RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kelet Jepara, RSJD Surakarta, RSJD Dr Amino Gondohutomo Semarang, RSJD Dr RM Soedjarwadi Klaten, dan RSUD Tugurejo Semarang. Meski baru tujuh rumah sakit, Ganjar mengaku akan segera berkoordinasi dengan bupati dan wali kota untuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.

“Bisa saja (di kabupaten kota) berkoordinasi dengan bupati wali kota,” katanya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (15/3/2020). Selain itu, Ganjar mengimbau, warga tidak perlu merasa takut untuk memeriksakan diri sejak dini. Sebab, semakin cepat mengetahui kepastian terpapar atau tidak akan semakin baik. “Jadi kalau anda barusan bepergian ke luar negeri atau ke daerah yang ada pasien corona positif kemudian mengalami pilek, demam, batuk ya periksa saja. Biaya kami tanggung, gratis,” ujarnya. Jika memang dokter menyatakan suspect corona maka akan dikirim ke RS rujukan dan masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP).
Sementara itu, rumah sakit rujukan untuk pasien corona di Jateng saat ini telah ada 58 unit. “Awalnya 13 rumah sakit lalu kami tambah jadi 45,” tukasnya. Terkait penambahan ini, dia pun berharap penanganan pasien bisa lebih optimal. “Tapi kalau ternyata flu atau demam biasa ya pulang,” selorohnya.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/07225581/pemprov-jateng-gratiskan-tes-corona-di-7-rumah-sakit.
Penulis : Inang Jalaludin Shofihara
Editor : Mikhael Gewati

By Published On: Senin, 16 Maret 2020Views: 146

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!