MAGELANG – Balai Konservasi Borobudur (BKB) untuk sementara melarang wisatawan melebihi zona 1 Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Kepala Seksi Konservasi BKB Yudi Suhartono menyatakan, pembatasan kunjungan ini demi keselamatan pengunjung Candi Borobudur.

Selain itu, melindungi tenaga pemeliharaan, tenaga pengamanan dan tenaga pendamping pemanfaatan Candi Borobudur dari virus corona. “Maka kunjungan ke Candi Borobudur sementara dilakukan pembatasan hanya sampai zona 1 dalam (batas pagar masuk Candi),” kata Yudi, dalam keterangan pers di BKB, Minggu (16/3/2020). Menurut Yudi, ketentuan ini berlaku selama 14 hari, mulai 16 – 29 Maret 2020.

Yudi mengatakan, pembatasan kunjungan diberlakukan untuk kunjungan umum/reguler; kunjungan sunrise; kunjungan sunset, serta kunjungan Borobudur Manohara Package (BMP). Candi Borobudur sebagai salah satu ikon dan obyek tujuan wisata di Indonesia, selama ini mendatangkan pengunjung dari dalam negeri maupun mancanegara dalam jumlah ribuan per tahunnya. Kondisi ini membuat Candi Borobudur rentan menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Selama dilakukan pembatasan kunjungan, BKB akan melakukan penyemprotan desinfektan dan pembersihan Candi menyeluruh secara rutin. Selama masa pembatasan kunjungan akan dilaksanakan evaluasi untuk menentukan langkah selanjutnya. “Kami sudah mulai menyemprot disinfektan di handrail (pegangan tangan) Candi Borobudur,” ucap Yudi.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2020/03/15/15163401/cegah-corona-pengunjung-candi-borobudur-dibatasi-sampai-zona-1

By Published On: Senin, 16 Maret 2020Views: 118

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!