YOGYAKARTA – Badan Otorita Borobudur (BOB) bakal menggenjot sosialisasi terkait tugas dan wewenang mereka di sepanjang 2020 ini. Pasalnya, percepatan pembangunan, dan peningkatan perekonomian kawasan adalah tujuan yang ingin direalisasikan. Terlebih, pembentukan BOB berada di dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas.

“Untuk 2020 ini, sebagai bagian membentuk kawasan 10 Bali Baru, memang kami perbanyak sosialisasi. Apalagi kawasan ini kan sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Kawasan harus sudah terbentuk. Ada amenitas yang dibangun dan beroperasi, aksesbilitas lebih lancar, event banyak yang dibuat baik nasional maupun internasional,” papar Kepala BOB, Indah Juanita, kemarin.

Diakui, sosialisasi yang merupakan bagian dari target jangka pendek ini dilakukan karena pihaknya ingin masyarakat yang ada di kawasan BOB tak hanya menjadi penonton. Tapi mereka dapat berperan bagaimana caranya meningkatkan diri. “Jika mereka belum siap, ya mereka ikut pelatihan-pelatihan yang kami gelar,” tuturnya.

Langkah Strategis

Menurut Indah, sosialisasi merupakan bagian dari pelaksanaan hasil-hasil pembicaraan dalam Rapat Koordinasi Destinasi Super Prioritas Borobudur (Joglosemar) yang digelar di Magelang, awal Februari ini (6/2).

Dihadiri perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi serta pemkab di dalam kawasan tersebut, Indah menyebut hasil rakor tersebut sangat membantu pihaknya untuk memetakan langkah-langkah strategis dalam pengelolaan kawasan Borobudur sebagai 10 Bali Baru.

“Pascarakor, kami langsung bergerak dimana misalnya kami langsung buka pelatihan bimbinan teknik (bimtek) untuk tour agentdan tour travel. Di luar itu, memang kami memiliki tugas jangka panjang. Tugas BOB juga harus membangun kawasan otoritatif yang saat ini sudah dimulai dengan Glamping deLoano, baru 1 hektar dari total 300 hektar,” tandas dia. Sebagaimana diketahui oleh Presiden Joko Widodo, Borobudur masuk dalam lima KSPN Super Prioritas bersama Labuan Bajo, Danau Toba, Lombok, dan Manado- Likupang-Bitung.

Sumber :  www.suaramerdeka.com

By Published On: Selasa, 25 Februari 2020Views: 142

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!