BOB-Yogyakarta, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) berkolaborasi dengan Panitia Pameran Fotografi Internasional BARA-API menyelenggarakan press conference di Kopi Pak Pos, Nol Kilometer Jogja terkait persiapan pameran fotografi internasional (21/7).

Pameran fotografi internasional bertema BARA-API di Museum H Widayat, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Pameran akan dibuka Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 23 Juli 2022, pukul 10.00 WIB. Sedangkan pameran berlangsung sebulan, berakhir pada 23 Agustus 2022.

Badan Otorita Borobudur (BOB) yang memiliki fungsi dan tugas koordinatif di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur sangat mendukung pameran ini. Plh. Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Yusuf Hartanto mengatakan “pameran fotografi ini sangat bagus, apalagi digelar bersifat internasional sehingga selain menampilkan karya foto pada pameran ini, namun dapat mengundang penggemar fotografi serta wisatawan berkunjung ke kawasan Borobudur dan sekitarnya”. “Diharapkan nantinya akan meningkatkan jumlah kunjungan dan lama waktu tinggal karena pameran ini digelar selama satu bulan, sehingga mendukung pengembangan pada sektor pariwisata dan ekraf di sekitar kawasan Borobudur”, imbuhnya.

“Dua ikon agung di Jawa Tengah dan Yogyakarta itu menjadi pilihan tema, karena memang sangat popular, penuh misteri, sejarah, dan pesona yang luar biasa. Kedua ikon itu juga sangat dikenal di seluruh dunia. Apalagi, Gunung Merapi yang menjadi komandan jajaran volcano di garis Cincin Api, menunjukkan fenomena unik sejak akhir 2019.

Sedangkan Candi Borobudur adalah karya kebudayaan dan peradaban lama di abad ke-8, semasa Mataram Kuno, yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Candi Budha terbesar di dunia ini juga menjadi salah satu impian dan destinasi wisata dunia.
“Kesakralan, misteri, sejarah, dan sejuta kisah tentang Candi Borobudur dan Gunung Merapi itulah yang menantang para fotografer untuk mengeksplorasi dan mengkreasi dalam karya visual fotografi.

Panitia dan seluruh fotografer yang terlibat berharap, pameran fotografi BARA-API akan membantu promosi dua ikon besar di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Candi Borobudur dan Gunung Merapi itu, di dunia internasional.

Harapannya, promosi itu akan membuat masyarkat dunia yang sudah mulai bebas setelah pandemi mereda, kembali datang berwisata dan menikmati Candi Borobudur dan Gunung Merapi.
Dengan demikian, diharapkan ekonomi akan bergerak lagi. Sebab, kehadiran wisatawan akan menggerakkan ekonomi kreatif, perhotelan, transportasi, kuliner, kerajinan, dan sebagainya. Bangkitnya ekonomi itu diharapkan juga menjadi pembasuh luka akibat pandemi, dan pada gilirannya akan berkontribusi pada social healing.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment