Pelaksanaan kegiatan pelatihan sudah terlaksana di 3 lokasi yaitu Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu, Toyo Wening Desa Wisata Sumberbulu dan Rumah Batik Eco-Print New Coral Jumantono Kabupaten Karanganyar selama 5 hari dimulai dari hari selasa-sabtu 19-23 Juli 2022 dan diikuti oleh 15 Peserta dari perwakilan 8 Kelompok Batik yaitu Batara Kresna, Soka, Sekar arum, Mekar Jaya, Sekar Tandjung, Sumberbulu, Girilayu dan Ecoprint New Coral.

Pelatihan yang disampaikan kepada masyarakat diantaranya
1. Dasar-dasar komposisi warna;
2. Pegembangan motif-motif batik baru yang selaras dengan penggunaan Bahan Ajar J batik;
3. Mencari ide-ide baru terkait desain melalui internet penggunaan Bahan Ajar jBatik;
4. Peserta dapat membuat komposisi motif dalam sebuah layout yang dapat diaplikasikan kedalam Bahan Ajar jBatik.

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Plh. Direktur Utama BPOB Bapak Bisma Jatmika, Ketua Tenaga Ahli Ekraf Fesyen Bapak Lukman dan Ketua Pokdarwis Desa Sumberbulu Bapak Sunarso, Yang didampingi oleh tim narasumber yang hadir pada hari kelima.

Plh. Direktur Utama menyampaikan rasa terima kasih dan selamat kepada para peserta yang sudah mengikuti pelatihan selama 5 hari dalam hal pembuatan Desain Motif Batik, diharapkan para pengrajin batik memiliki pengkayaan motif batik dan jenis produk yang menarik sesuai pangsa pasar, sehingga mampu menggerakkan aktivitas perekonomian masyarakat di DPN Solo-Sangiran dsk.

Bapak Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sumberbulu menyampaikan rasa terimakasih atas Fasilitasi yang sudah diberikan oleh BOB, dalam rangka memajukan Pariwisata Borobudur khususnya di Destinasi Pariwisata Nasional Solo-Sangiran dsk. Diharapkan seluruh ilmu yang sudah dilatih dapat di realisasikan secara baik oleh para peserta.

Ketua Tenaga Ahli Ekraf Fesyen menyampaikan bahwa bahan ajar yang sudah dibuat bersama para Narasumber akan menjadi pedoman bagi para Peserta dalam melakukan Pengembangan Desain Motif Batik.

Tindak Lanjut :
Desain Motif Batik yang sudah dibuat bersama para Narasumber akan di implementasikan pada kain batik untuk dilakukan Produksi Purwarupa selama 21 Hari serta selanjutnya akan dilaksanakan Pelatihan kedua yaitu Desain Fesyen/Produk/Home selama 7 hari.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment