BOB- Karimunjawa merupakan Pulau di Kabupaten Jepara yang juga menjadi bagian wilayah koordinatif BOB pada salah satu Daerah Pariwisata Nasional (DPN), yaitu DPN Semarang-Karimunjawa dan sekitarnya. Badan Otorita Borobudur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) Pelayanan Prima bagi para pemandu wisata di Karimunjawa sebagai penguatan daya saing Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah (26/7).

Direktur Destinasi BOB, Agustin Peranginangin melaporkan bahwasanya “bimbingan teknis ini diikuti oleh peserta pemandu wisata di karimunjawa, akan ada beberapa hal dalam bimbingan kali ini, bagaimana mendatangkan wisata kembali, meningkatkan kualitas pelayanan, serta menciptakan citra lebih baik yang memiliki daya saing sebagai bagian dari kawasan super prioritas yang telah dicanangkan Presiden Jokowidodo. Dan dengan bimtek ini para pemandu wisata lebih siap SDM nya dengan pembinaan-pembinaan berikutnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur
Kemenparekraf/Baparekraf RI, Vinsensius Jemadu memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimbtek ini secara daring, beliau menyampaikan bahwa
“kegiatan bimbingan teknis ini dan diharapkan nantinya dapat mengimplementasikan dengan bekal yang sudah didapat dan seperti pada tema pelayanan prima, yaitu dapat meningkatkan pelayanan wisatawan yang berada di Karimunjawa”, beliau juga berterimakasih kepada Badan Otorita Borobudur yang selalu berperan dalam pengembangan pariwisata dengan salah satunya melaksanakan bimtek di Karimunjawa ini dan semoga Pariwisata di Jawa Tengah lebih beekualitas baik di tingkat nasional maupun internasional”, imbuhnya.

Disini peserta mendapat materi bimbingan serta diskusi langsung tentang kode etik kepariwisataan global, pelayanan prima dalam kepemanduan wisata, sinergitas antar pelaku pariwisata Karimunjawa, dan tentang moda transportasi menuju karimunjawa.

Pada akhir sesi diskusi bimbingan teknis, ditutup oleh Plh. Direktur Keuangan Umum, dan Komunikasi Publik, Yusuf Hartanto, beliau menyampaikan “terimakasih kepada para peserta yang mengikuti bimbingan hingga selesai dengan materi para narasumber yang bagus sekali”, beliau juga menyampaikan bahwa Badan Otorita Borobudur akan selalu siap berkoordinasi, berkolaborasi dan bersinergi dengan dinas dan stakeholder untuk pengembangan pariwisata di Karimunjawa”.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara serah terima fasilitas perlatan pendukung perahu wisata Karimunjawa dari Badan Otorita Borobudur kepada pemilik perahu yang tergabung dalam Paguyuban Perahu Wisata Pesona Bahari Karimunjawa di Wisma Wisata, Pondok Wisata Karimunjawa.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment