Ibu Indah Juanita, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur hadir dan memberikan sambutan dalam acara Seminar Roles Of The Indonesian Military Academy In Guerilla Warfare Of The Yogyakarta Area, 1948-1949.

Seminar ini dalam rangka memperingati 71th Pertempuran Pelataran, Peresmian Ruang Memorabilia Akademi Militer Yogya, serta upaya menjadikan Desa Selomartani, Kab Sleman sebagai Desa Wisata Perjuangan, maka Ikatan Keluarga Akademi Militer Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Otorita Borobudur dan Akademi Militer Magelang.

Bapak Agustin Peranginangin selaku Direktur Destinasi Pariwisata BOB dan para Kepala Divisi BOB hadir dalam seminar pagi ini yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultimas Riss, Yogyakarta.

“Sleman memiliki akses langsung ke Borobudur dan Prambanan. Momentum 71 Tahun Peringatan Pertempuran Plataran semakin menguatkan warna atraksi destinasi Borobudur. Experience wisatawan makin lengkap. Warna sejarah yang dimilikinya ikut menaikan daya tawar pariwisata di kawasan ini,” papar Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita.

Tema menarik ditawarkan 71 Tahun Peringatan Pertempuran Plataran yaitu, Merajut Jejang Sang Ksatria Muda. Ritualnya ditandai dengan pemecahan kendi oleh Mabes TNI AD yang didampingi oleh tokoh masyarakat setempat, Jumat (21/2). Selain Mabes TNI AD dan masyarakat lokal, bergabung juga pelajar, mahasiswa, hingga stakeholder pemerintahan setempat.

“Peringatan ini sangat penting. Sebab, jadi bukti penghargaan terhadap sejarah. Selain itu, event ini juga menguatkan kawasan ini sebagai destinasi wisata sejarah yang harus dikunjungi,” kata Penasehat Komunitas Historia 24249 Purbantara Surautama sekaligus Pembina 61 Bregada Rakyat se-DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dalam seminar ini menghadirkan para sejarawan dari Indonesia dan Belanda serta para pelaku sejarah untuk membahas peran para Kadet dan Perwira Remaja MA-Yogya saat perang kemerdekaan II 1948-1949 di Sub-Wehrreise 104/WK-III.

Turut hadir :

1. Gubernur DIY atau yg mewakili
2. Gubernur AKMIL dan jajarannya/yg Mewakili
3. Bupati Sleman atau yang mewakili
4. Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata atau yang mewakili
5. Plt. Deputi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
6.Deputi Bidang koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
7.Ikatan Keluarga Akademi Militer Yogyakarta
8. Ir Bambang Noto Bandiroto, Ketua Panitia IKAM
9. Letjen TNI (pur) Sayidiman Suryohadiprojo, Dewan Pengawas IKAM

By Published On: Sabtu, 22 Februari 2020Views: 182

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!