Badan Otorita Borobudur menyelenggarakan Rapat Koordinasi Destinasi Super Prioritas Borobudur pada 6-7 Februari 2020 bertempat di Kabupaten Magelang.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk membahas rencana program pengembangan kepariwisataan di Kawasan Pariwisata Borobudur dan juga untuk melakukan sinkronisasi program antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten dan Kota yang masuk dalam cakupan Kawasan Pariwisata Borobudur serta mendapat input dari stakeholder Non Pemerintahan (pelaku usaha, akademisi dan komunitas/kelompok sadar wisata) tentang kondisi lapangan dan kendala yang dihadapi berikut meninjau peran Pemerintah yang dapat dilakukan untuk dapat intervensi dalam meningkatkan kondisi pengembangan kepariwisataan yang ada pada empat pilar pembangunan pariwisata.

Direktur Utama BOB Indah Juanita memaparkan target utama sekarang memprioritaskan quality tourism experience (kualitas kesan wisatawan). Utamanya di wilayah Joglosemar. Dia pun berkepentingan besar dalam rapat koordinasi selama dua hari bersama stakeholder ini.

“Wisatawan yang datang ke Borobudur tertarik juga mengunjungi destiansi lainnya. Sebab, di masing-masing lokasi mereka akan menemukan pengalaman yang berbeda. Kalau mereka hanya mendapat pengalaman yang sama, maka mereka tidak akan datang ke semua tempat. Dampaknya lama tinggal akan berkurang. Maka, sinkronisasi lintas daerah juga penting agar bisa kita kembangkan bersama-sama segala potensi yang ada,” paparnya.

Masterplan  pengembangan wisata di lahan Otorita seluas sekitar 309 hektar di Kabupaten Purworejo, sudah rampung. Bahkan, sudah ada beberapa investor yang siap berinvestasi. “Kalau sekarang sudah ada DeLoano Glamping. Glamping itu baru sebatas laboratorium. Ke depan akan kita bangun villa, hotel, area adventure, sentra UMKM, amphiteatre, dan fasilitas pendukung,” tuntas Indah.

Diharapkan juga adanya skala prioritas terkait susunan dan implementasi program yang dapat direalisasikan berdasarkan rencana pengembangan pariwisata level Nasional maupun Daerah
Sehingga mampu meningkatkan kondisi pengembangan kepariwisataan yang ada pada empat pilar pembangunan pariwisata.

By Published On: Jumat, 7 Februari 2020Views: 195

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!