Apa itu virus corona?
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), virus corona adalah adalah kelompok virus yang umumnya menjangkiti hewan. Hanya dalam kasus yang jarang terjadi dapat ditularkan pada hewan ke manusia, seperti yang terjadi di Wuhan, China.

Gejala virus corona
Virus corona dapat membuat orang sakit pneumonia Wuhan atau pneumonia China. Penyakit ini berbeda dengan jenis pneumonia biasa karena jenis virus yang berbeda pula.

Bagian tubuh yang terserang biasanya adalah saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip seperti flu biasa.  Gejala-gejala yang muncul meliputi pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Untuk demam, yang membedakannya dengan gejala penyakit lainnya adalah waktu serangan atau inkubasinya yang lebih lama, yaitu mencapai 14 hari.

Jika menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti orang tua atau anak-anak, kemungkinan virus dapat menyebabkan penyakit yang saluran pernapasan yang lebih serius seperti bronkitis dan pneumonia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak membatasi akses warga Tiongkok berkunjung ke Yogyakarta, namun semnetara melarang warganya berkunjung ke Wuhan, Tiongkok, sebagaimana instruksi dari pemerintah pusat. Langkah antisipasi virus corona di Yogyakarta juga telah dilakukan Sultan dengan melakukan deteksi suhu tubuh penumpang pesawat yang baru saja mendarat. Sultan juga menghimbau warganya untuk:
1. Rutin menjaga kebersihan tangan
2. Menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk
3. Menggunakan masker
4. Istirahat bila sakit
5. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta buah dan sayur

By Published On: Kamis, 30 Januari 2020Views: 122

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!