KOMPAS.com – Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) mulai beroperasi April 2019. Bagi kamu yang ingin menggunakan pesawat dari dan ke bandara YIA, kini ada transportasi berupa shuttle bus.

Ada dua shuttle bus yang tersedian dari dan menuju bandara YIA yaitu Satelqu dan Damri. Menurut Koordinator Lapangan Satelqu YIA, Rahardian Wicaksono, shuttle bus di bandara ini mulai berjalan Mei 2019. “Satelqu sendiri itu baru ada bulan Juni 2018, dulu rutenya Yogyakarta-Wonosobo dan Yogyakarta-Magelang,” kata Rahardian ketika dihubungi Kompas.com, Senin (13/1/2020).

“Lalu setelah itu ada YIA mulai bulan Mei 2019, dan rencananya rute yang dulu ada, akan kami aktifkan lagi. Sementara kami masih fokus Yogyakarta-YIA (pp),” lanjutnya. Rahardian melanjutkan, saat ini untuk rute YIA ke Kota Yogyakarta melewati kota dan ringroad utara. Untuk via kota, bus melewati Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Kridosono, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Ambarukmo Plaza, Janti, dan terakhir di Bandara Adisucipto.

Sementara untuk jalur via ringroad utara, melewati terminal Jombor, Monjali, Jalan Kaliurang, Condongcatur, Universitas Pembangunan Nasional, dan terakhir di Adisucipto. “Kalau yang via ringroad selatan itu next kalau sudah full operasional di YIA semua, mas,” tambahnya. Ia juga mengatakan, penumpang yang menggunakan Satelqu biasanya memiliki tujuan ke kota dan area ringroad utara.

Satelqu memiliki kapasitas tempat duduk untuk 10 dan 8 penumpang. Shuttle bus ini termasuk shuttle eksekutif karena armada HiAce yang dimilikinya. Penumpang juga bisa menikmati fasilitas charger pada armada yang berkapasitas 8 tempat duduk. “Untuk armada yang 8 seat itu setiap seat ada chargernya,” ujarnya. Titik poin dari kota Yogyakarta terletak di bandara Adisucipto, Hotel Grandkeisha, Hotel Pesonna Tugu, dan Hotel Amartya.

Titik poin Damri ke bandara YIA berada di Galeria Mall Yogyakarta pulang pergi. Adapun jadwal keberangkatan dari Galeria Mall menuju bandara YIA pukul 06.00 WIB dan dari bandara ke Galeria Mall pukul 10.00, 14.00, dan 18.00 WIB. Harga tiket yang tersedia untuk shuttle bus Satelqu dari Kota Yogyakarta menuju bandara YIA Rp 50.000 sedangkan dari bandara ke kota Rp 70.000. Sementara untuk Damri, tarif yang dibandrol seharga Rp 50.000 baik dari dan menuju bandara YIA.

 

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2020/01/14/103000927/transportasi-dari-dan-ke-bandara-internasional-yogyakarta-bisa-naik-shuttle?page=all

By Published On: Kamis, 16 Januari 2020Views: 445

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!