BOB – Purworejo, dibukanya kembali destinasi pariwisata dan melandainya kasus penyebaran Covid-19 serta suksesnya program vaksinasi Pemerintah merata merupakan kondisi yang baik bagi sektor pariwisata yang bertahun-tahun mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19 tersebut.

Namun hal tersebut juga harus diiringi dengan persiapan yang matang oleh setiap pengelola destinasi wisata yang ada. setiap destinasi kini harus memiliki SOP yang jelas dalam mengantisipasi membludaknya wisatawan.

Oleh sebab itu, BOB berkolaborasi dengan Lembaga Sertifikasi Jana Dharma Indonesia melaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Sekitar Zona Otorita BPOB Tahun 2022, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY, Disporapar Jawa Tengah, Disparbud Purworejo, Disparpora Magelang, dan Dinpar Kulonprogo. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 5 hari dan diikuti oleh 20 pelaku wisata di setiap desanya.

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dan Daya Tarik Wisata di Sekitar Zona Otorita BPOB sebelumnya sudah terlaksana di 4 desa yaitu Desa Pagerharjo, Desa Gerbosari, Desa Ngargosari, Desa Pandanrejo dan saat ini akan dilaksanakan kembali di 2 desa sekaligus yaitu desa Sedayu dan Desa Benowo, Kabupaten Purworejo. (17/5).

Pejabat Fungsional Adyatama Ahli Madya BOB, Y. Sigit Widiyanto menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap terkait dengan peningkatan produk, tata kelola desa wisata serta pelayanan prima yang diberikan kepada wisatawan.

Dalam Pelatihan dan Pendampingan ini peserta mendapat bekal materi tentang Pengelolaan Desa Wisata Terintegrasi, Management Konflik dan Pengelolaan Masyarakat, serta SOP, yaitu dari penyusunan SOP Produk, penyusunan SOP Pengolalan, dan penyusunan SOP Pelayanan. Dengan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan bagi desa wisata dan daya tarik wisata di sekitar zona otorita BPOB dapat menjadikan potensi yang ada lebih baik, berkualitas dan berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Purworejo Bambang Susilo, Kepala Dinas Porapar Kabupaten Purworejo Bapak Stephanus Aan, Camat Loano Bapak Andang dan para pelaku wisata Desa Sedayu.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Purworejo, Bambang Susilo mengpresiasi atas pelatihan yang diberikan oleh BOB kepada para pelaku wisata yang ada di Purworejo. Kami berharap para peserta supaya bersungguh-sungguh menyimak materi yang diberikan oleh para Narasumber baik secara teori ataupun praktik, sehingga dapat mentransfer ilmunya kepada warga sekitar.

By Published On: Selasa, 17 Mei 2022Views: 339

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!