Solo, 29 April 2022 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan memperkenalkan kembali minyak atsiri  kepada delegasi G20 yang hadir pada Side Event International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF).

Minyak atsiri atau minyak esensial merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses distilasi atau penyulingan. Bagian tumbuhan yang diekstrak dapat berupa kelopak bunga, daun, kulit kayu, biji, hingga akar.

Menparekraf Sandiaga dalam acara pertemuan dengan pelaku parekraf, di Hotel Royal Heritage, Jumat (29/4/2022), menyampaikan bahwa minyak atsiri Indonesia telah dikenal di Eropa sebelum kemerdekaan dan memiliki potensi ekonomi cukup baik.

“Dahulu di tahun sebelum kemerdekaan, minyak atsiri Indonesia ini sudah dikenal di Eropa. Kesempatan kita nanti untuk me-relaunch atau melaunching kembali supaya kita bisa mengambil pasar ekspor produk berbasis kesehatan,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa pada side event G20 International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF)” dengan tema “A Sustainability Strategy for The World Tourism Recovery and Growth Through Wellness Tourism For All“, yang berlangsung pada 5-7 Agustus 2022 di Solo/Surakarta, Jawa Tengah, ini akan menampilkan dan mempromosikan destinasi dan produk wisata Wellness Indonesia.

“Kami akan mendeklarasikan pengembangan pariwisata Wellness di Indonesia, memamerkan, dan mempromosikan destinasi dan produk Wellness Tourism Indonesia, serta membangun jaringan dan kolaborasi,” ujar Sandiaga.

Untuk mendukung pelaku ekraf Solo, pada kesempatan tersebut, Sandiaga telah mengambil beberapa contoh produk ekonomi kreatif dari pelaku ekraf yang hadir, agar nantinya bisa dikurasi untuk tampil di side event IWTCF.

“Tadi sebagian sudah kami bawa sampelnya untuk nanti ditampilkan pada IWTCF yang rencananya akan dilakukan pada 5-7 Agustus 2022, di Kota Solo,” ujar Sandiaga.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga juga menyoroti tentang produk ekonomi kreatif di Solo yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Namun, Sandiaga juga mendorong para pelaku UMKM untuk terus berinovasi, seperti dari segi kemasan agar bisa lebih memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Maka agar produk-produk ekonomi kreatif makin berkualitas dari sisi kemasan, Kemenparekraf hadirkan program BEDAKAN (Bedah Desain Kuliner Nusantara) yang akan memberikan pendampingan bagi pelaku parekraf dalam menghadirkan kemasan yang lebih menarik.

“Ada program BEDAKAN (Bedah Desain Kuliner Nusantara), ini program agar adanya nilai tambah produk dari pelaku ekraf. Oleh karena itu, hadirnya program ini untuk membantu pelaku ekraf dalam daya tarik pengemasan yang diharapkan bisa menjadi nilai jual yang lebih untuk mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Manurung; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto; Sesdep Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setiaharini.

Turut hadir Kepala Perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bimala. 

 

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

By Published On: Sabtu, 30 April 2022Views: 292

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!