Membahas tempat wisata di Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari aspek budaya, Jogja memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan sarana untuk lebih mengenal budaya masyarakatnya. Sebut saja Keraton Yogyakarta yang tidak hanya sebagai pusat pemerintahan, tetapi juga bisa menjadi sumber informasi budaya.

Tidak berhenti sampai wisata budaya, Yogyakarta juga mempunyai banyak destinasi wisata sejarah. Sejarah yang berkaitan dengan bangsa Indonesia maupun kisah-kisah terdahulu masyarakat Jogja tersaji dalam sejumlah monumen atau museum. Masih ada juga wisata belanja yang bisa menjadi tujuan utama para pelancong mendapatkan buah tangan khas, baik berupa barang maupun makanan.

Satu hal yang tidak kalah menarik saat membahas tentang Jogja adalah pilihan wisata alamnya yang begitu beragam. Di bagian selatan, Yogyakarta menawarkan sederet pantai terkenal dengan pemandangan yang indah. Sementara di bagian lain, Yogyakarta memberikan rekomendasi wisata alam berupa bukit seperti salah satunya Bukit Kalikuning di lereng Gunung Merapi. Berikut adalah sederet fakta menarik dari tempat wisata tersebut.

Termasuk Tempat Wisata Terbaru

Peristiwa meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010 menyisakan begitu banyak kesedihan dari para korbannya. Namun seiring waktu, akibat yang ditimbulkan akhirnya bisa sedikit demi sedikit diperbaiki hingga Taman Nasional Gunung Merapi semakin berkembang. Pengelola taman nasional tersebut juga mengembangkan tempat wisata lain yang masih berada dalam satu kawasan.

Bukit Kalikuning menjadi kawasan wisata lereng Merapi yang berhasil dikelola oleh tim Taman Nasional Gunung Merapi. Bermula dari Januari 2017, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengembangkan bukit tersebut sebagai kawasan wisata. Sampai akhirnya, bukit tersebut resmi dibuka sebagai taman wisata pada bulan selanjutnya yaitu Februari 2017. Karena itulah, tempat ini masih tergolong destinasi wisata alam terbaru di Yogyakarta.

Berasal dari Bentukan Bencana Alam

Kali Kuning sendiri merupakan sebuah sungai yang dulunya dialiri lahar saat terjadinya peristiwa meletusnya Gunung Merapi. Sementara bukit yang sekarang menjadi tempat wisata hits itu disebut juga terbentuk karena bencana alam tersebut. Meski sempat menjadi saksi kejadian alam yang merusak banyak tempat, bukit itu sekarang ditumbuhi tanaman dan pepohonan hijau yang menyejukkan.

Bukit Kalikuning kini memiliki mata air yang mengalirkan air ke beberapa sungai. Sungai yang dialiri mata air tersebut antara lain Cangkringan, Kalasan, Ngemplak, Berbah dan Pakem. Dari bukit ini juga terlihat pemandangan bukit batuan Andesit yang sangat memukau. Terdapat beberapa tanaman bunga di kawasan wisata bukit ini yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti kantong semar, bunga puspa dan bunga rasamala.

Perjalanan yang Menyenangkan

Pengunjung tidak akan disuguhi pemandangan menawan saat sampai di bukit saja. Sepanjang perjalanan, pengunjung juga bisa menikmati berbagai panorama indah yang memanjakan mata. Menuju ke tempat wisata ini, pengunjung akan melewati sebuah kali kecil dengan nuansa yang adem disertai suara gemericik air. Udara sejuk dan segar sepanjang perjalanan tidak akan membuat pengunjung lelah dan bosan.

Begitu sampai di bukit, pengunjung bisa memanfaatkan berbagai spot foto keren yang tersedia. Dijamin hasil foto akan menjadi gambaran sempurna berkat keindahan pemandangan sebagai latar belakang sekaligus sudut foto yang kekinian. Jangan lupa lewatkan latar belakang Gunung Merapi yang tampak gagah dengan sesekali terselimuti awan putih. Pastikan mengabadikan setiap momen di kawasan wisata tersebut sebagai kenang-kenangan.

Cocok untuk Camping

Selain menikmati pemandangan di bukit tersebut, pengunjung dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Terdapat area khusus untuk mendirikan tenda yang dengan kata lain pengunjung dapat menggelar camping. Suasana saat malam pun tidak kalah syahdu karena ramainya suara jangkrik dan hewan lain yang saling bersahutan.

Untuk bisa mengadakan aktivitas berkemah atau camping, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan di luar tiket masuk yang dibayar di awal. Namun jangan khawatir karena tempat wisata hits ini mematok harga layanan yang sangat terjangkau, termasuk tiket masuk hingga biaya tambahan untuk camping.

Bukit Kalikuning merupakan tempat wisata terbaru yang akan membawa pengunjung mengenang peristiwa alam yang menghebohkan beberapa tahun silam. Dengan pengelolaan yang baik, bukit tersebut kini menawarkan keindahan panorama serta kesempatan melakukan banyak aktivitas menyenangkan.

By Published On: Selasa, 2 Maret 2021Views: 1608

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!