Candi Ratu Boko merupakan kompleks istana megah yang dibangun pada abad ke-8. Bangunan yang terbilang paling megah pada zamannya ini dibangun oleh salah satu kerabat pendiri Borobudur.

Istana Ratu Boko merupakan sebuah bangunan megah yang didirikan pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, yang merupakan salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana ini awalnya bernama Abhayagiri Vihara, yang bermakna biara di bukit yang penuh kedamaian. Istana tersebut dibangun untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

Saat berada di istana ini, para wisatawan bisa merasakan kedamaian dan melihat pemandangan Kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Istana Ratu Boko ini terletak di 196 meter di atas permukaan laut. Istana dengan luas 250.000 meter persegi ini terbagi menjadi empat bagian, yakni tengah, barat, tenggara, dan timur.

Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sedangkan bagian tenggara terdiri dari Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Di bagian timur terdapat kompleks gua, stupa Buddha, dan kolam. Sedangkan bagian barat hanya terdiri dari perbukitan.

Candi Ratu book ini terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Tepatnya, di Jalan Raya Piyungan – Prambanan No.KM. 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

By Published On: Rabu, 23 Oktober 2019Views: 1837

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!