Keraton Surakarta Hadiningrat adalah salah satu tempat wisata sejarah dan budaya yang terjebak. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744. Keraton Surakarta merupakan perpaduan yang khas antara gaya Eropa dengan etnik Jawa, hal terseut terlihat dalam setiap sudut dan tata ruang keraton tersebut.

Sebagai objek wisata sejarah, keraton ini juga mempunyai museum dengan berbagai koleksi menakjubkan yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Di sana, Anda bisa melihat berbagai macam peninggalan khas keraton, mulai dari koleksi pernak-pernik keseharuan keraton, hingga benda-benda unik yang pernah digunakan oleh keraton beserta keluarganya.

Di dalam museum ini, para wisatawan juga bisa melihat berbagai macam hadiah dari para raja di Eropa. Selain itu, Anda juga bisa melihat seperangkat alat musik tradisional gamelan dan replika pusaka keraton yang menjadi saksi sejarah dari perkembangan Keraton Surakarta.

Jika dilihat dari segi arsitektur bangunan, para wisatawan bisa melihat desain arsitektur istana Jawa tradisional yang mewah dan megah. Hal tersebut dikarenakan proses restorasi yang dilakukan oleh Paku Buwono X pada tahun 1893 – 1939. Beliau mengadopsi gaya arsitektur campuran Eropa dan Jawa yang penuh dengan nuansa biru dan putih sehingga bisa membuat tenang siapa saja yang melihat bangunan keraton. Keraton Surakarta berlokasi di pusat kota Solo, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. (Foto: unraveljava.wordpress.com)

By Published On: Selasa, 15 Oktober 2019Views: 1110

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!