Candi Sukuh Karanganyar merupakan candi Hindu yang berlokasi di Jawa Tengah. Tepatnya, di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi candi ini terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut.

Candi Sukuh merupakan salah satu candi yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Candi ini ditemukan oleh seorang arkeolog pada zaman pemerintahan Gubernur Raffles pada tahun 1815. Usaha pelestarian komplek candi ini dilakukan oleh Dinas Purbakala sejak tahun 1917.

Konon, candi ini dibangun pada abad ke-15 masehi semasa dengan pemerintahan Suhita, Ratu Majapahit yang berkuasa pada tahun 1429-1446. Candi yang sudah lumayan tua ini dijuluki dengan “The Last Temple”. Hal tersebut dikarenakan candi tersebut merupakan candi peninggalan umat Hindu yang terakhir pada jaman Majapahit.

Candi Sukuh mempunyai tiga teras. Di setiap terasnya, para wisatawan akan disuguhi dengan keunikan yang berbeda. Teras pertama merupakan gerbang utama untuk memasuki candi. Sedangkan teras kedua memiliki sebuah gapura yang sudah rusak dan tidak utuh lagi. Di samping kanan dan samping kiri gapura tersebut terdapat patung dwarapla yang merupakan patung penjaga gapura tersebut.

Di teras ketiga, para wisatawan bisa melihat pelataran yang lumayan besar di mana Candi Sukuh berada. Teras ketiga ini merupakan teras utama dan yang paling terakhir. (Foto: bernasnews.com)

By Published On: Selasa, 15 Oktober 2019Views: 769

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!