Candi Cetho merupakan salah satu candi bercorak Hindu yang diperkirakan didirikan pada masa Kerajaan Majapahit. Candi ini terletak di ketinggian 1498 mdpl di lereng Gunung Lawu. Candi ini menjadi salah satu candi paling tinggi di Indonesia bersama dengan Candi Arjuna, Candi Gedong Songo, dan Candi Ijo.

Candi ini dipugar untuk pertama kali pada tahun 1970 oleh Sudjono Humardani yang dahulu menjabat sebagai asisten Suharto. Dia mengubah stuktur asli candi tersebut secara total, walaupun konsep punden berundak masih dipertahankan.

Candi Cetho ini terkenal hingga ke berbagai daerah. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya komunitas dan para pengunjung yang datang ke kawasan ini. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan. Terdapat beberapa pondok dan situs lingga yoni yang berada di kawasan Candi Sukuh.

Bagi para wisatawan yang beragama Hindu, mereka juga bisa berdoa di tempat ini. Disediakan pemandu serta dupa-dupa sebagai syarat doa. Para wisatawan juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner lezat yang tersedia di sampung Candi Cetho, tepatnya di pintu keluar.

Candi ini berlokasi di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Perjalanan ke tempat wisata ini terbilang menantang karena harus melewati trek yang cukup sulit. Tanjakan tinggi dengan samping kanan dan kiri menjadi pemandangan yang bisa memacu adrenalin. Walau begitu, lelah para wisatawan selama di perjalanan akan terbayar tuntas saat sudah melihat indahnya Candi Cetho. (Foto: pesona.travel)

By Published On: Selasa, 15 Oktober 2019Views: 1592

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!