Kampung wisata Batik Kauman Solo terletak di lokasi yang strategis, yaitu di tengah Kota Solo. Tempat ini dikelilingi oleh Jalan Rajiman, Jalan Nonongan, Jalan Slamet Riyadi, dan juga dikelilingi oleh tempat ramai lain seperti Pasar Klewer, Beteng dan Gladak. Selain itu, tempat wisata ini juga terletak sangat dekat dengan Keraton Surakarta dan Masjid Agung.

Para wisatawan bisa mengakses kampung ini dengan sangat mudah karena banyak dipasang penunjuk jalan agar para pengunjung tidak tersesat. Ada baiknya para wisatawan berjalan kaki, naik becak, sepeda, atau motor saat menyusuri kampung ini.

Para pengunjung seolah akan dibawa menuju lorong waktu saat berjalan di gang-gang kawasan Kampung Batik Kauman ini. Terdapat beberapa rumah dengan kombinasi gaya arsitektur Kolonial-Jawa, Joglo, dan Limasan yang unik.

Di Kampung Batik Kauman ini terdapat berbagai tempat yang dapat dikunjungi wisatawan, meliputi: rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik, serta museum koleksi batik.

Menurut sejarah, Kampung Batik Kauman ini dahulu merupakan pemukiman para abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta yang mempertahankan tradisi dengan cara membatik. Kampung Batik Kauman ini menawarkan keunikan yakni pengunjung dan penjual batik dapat berinteraksi secara langsung dengan mengunjungi rumah industri batik. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat proses produksi batik dan belajar membatik secara langsung. (Foto: pesona.travel)

By Published On: Selasa, 15 Oktober 2019Views: 1248

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!