BOB – Yogyakarta, pada hari ini, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur hadir sebagai salah satu pemantik diskusi dalam kegiatan webinar series ke-1 bertema Road to Yogyakarta as a Responsible Tourism Destination yang bertempat di Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo. (12/4)

Kegiatan ini merupakan lanjutan kerjasama pentahelix yang telah diinisiasi sejak tahun 2020. Pemerintah Daerah DIY, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia DIY, Badan Otorita Borobudur, BPBD DIY, BPD DIY dan pihak lainnya terus bersinergi dalam meningkatkan nilai tambah pariwisata DIY. Webinar ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan yakni sebulan sekali, mulai bulan April 2022 sampai dengan Maret 2023 secara Hybrid.

Tujuan dari kegiatan ini ialah menjadi ruang untuk membangun daya kritis segenap pemangku kepentingan dalam mengupas kepariwisataan Yogyakarta guna mewujudkan DIY sebagai destinasi yang bertanggungjawab sekaligus menggali isu-isu strategis yang masih menjadi kendala dalam mewujudkan Yogyakarta sebagai destinasi pariwisata bertanggungjawab.

Pada kesempatan ini sekaligus dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama sebagai simbolis kesepakatan pentahelix antar lintas instansi di DIY untuk menciptakan Yogyakarta as a Responsible Tourism Destination, Recover Together, Recover Stronger.

Menciptakan Yogyakarta as a Responsible
Tourism Destination merupakan syarat mutlak untuk mempercepat pemulihan ekonomi DIY serta mendukung presidensi G20 di tahun ini.

Catatan akhir dalam webinar ini yaitu:
1. Upaya mewujudkan DIY sebagai destinasi yang bertanggung jawab perlu didorong dengan komitmen riil, yang melibatkan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder terkait.
2. Nilai penting pengembangan pariwisata di DIY adalah aspek budaya. Oleh sebab itu, penguatan nilai-nilai budaya menjadi bagian penting dalam mewujudkan etika dan pendidikan tanggungjawab.
3. Melibatkan Dinas Kesehatan, Badan Otorita Borobudur, Dinas Penanggulangan Bencana, Badan Promosi, Dinas Perhubungan, Dinas UMKM, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan stakeholder terkait untuk mampu memerankan peran strategis dalam mewujudkan jogja sebagai destinasi wisata yang bertanggung jawab.

By Published On: Rabu, 13 April 2022Views: 377

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!