BOB – Yogyakarta, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur menghadiri kegiatan Penyerahan Penghargaan Lomba Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa/Kampung Wisata dan Homestay Tingkat DIY Tahun 2022 bertempat di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. (28/3)

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata DIY dengan berkolaborasi secara pentahelix antar stakeholder pariwisata yaitu pemerintah, akademisi, praktisi/asosiasi, komunitas, dan media dengan melibatkan 15 peserta Pokdarwis, 15 Desa/Kampung Wisata, dan 15 Homestay dari 5 kabupaten/kota terbaik atau unggulan yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY ini, dilaksanakan dalam rangka tindaklanjut terhadap Peraturan Gubernur DIY Nomor 40 Tahun 2020 sekaligus sebagai upaya pembinaan, pendampingan dan evaluasi terhadap Pokdarwis, Desa/Kampung Wisata, dan Homestay berdasarkan standar CBT ASEAN, Panduan Pengelolaan Desa Wisata serta indikator penerapan Sapta Pesona dan Sadar Wisata di daya tarik wisata dan destinasi wisata.

Tim Juri pada kegiatan dimaksud terdiri dari Dinas Pariwisata DIY, Akademisi, Badan Promosi Pariwisata DIY, DPD GIPI DIY, DPD IHGMA DIY, Media, Penggiat Pariwisata, Forkom Desa Wisata DIY, dan Forkom Pokdarwis DIY. Penghargaan diberikan kepada 6 pemenang (Juara I s.d. Harapan III) untuk setiap kategori lomba, baik Pokdarwis, Desa/Kampung Wisata, dan Homestay berupa Trophy, Sertifikat, dan Uang Pembinaan dengan total sebesar Rp 176.000.000,-.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Singgih Raharjo selaku kepala Dinas Pariwisata DIY yang menyampaikan harapan dengan adanya penghargaan ini dapat memacu pengelolaan desa wisata dan homestay menjadi lebih baik untuk kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke DIY serta mendorong desa wisata untuk bisa menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan serta sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, menjadi tren baru pariwisata pasca pandemi berbasis nature and culture.

By Published On: Senin, 28 Maret 2022Views: 332

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!