Hari Minggu, 13 Maret 2022 telah berlangsung penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergitas Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Badan Otorita Borobudur dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung yang bertempat di Pasar Papringan, Temanggung.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita bersama Bupati Kabupaten Temanggung, H.Muhammad Al Khadziq yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Bupati Kabupaten Temanggung, Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Singgih Susilo Kartono selaku penggagas Pasar Papringan dan Pemangku Kepentingan Pariwisata di Provinsi Jawa Tengah.

Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mendukung program percepatan pengembangan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kawasan Pariwisata Borobudur.

Dalam pengembangan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak dapat dilakukan sendiri sehingga harus ada kolaborasi antar instansi maupun stakeholder. BPOB yang memiliki tugas dan fungsi koordinatif, berkomitmen untuk mendukung pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di wilayah DIY dan Jawa Tengah, salah satunya di Kabupaten Temanggung.

Ruang lingkup dalam Nota Kesepahaman ini meliputi perencanaan dan implementasi program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, pekerjaan umum, pertanahan dan tata ruang, usaha mikro kecil dan menengah, perdagangan dan perindustrian, kebudayaan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan dan ketenagakerjaan.

Diharapkan dengan adanya Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) ini dapat memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan dalam rangka percepatan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif; memperkuat koordinasi dan sinergi dalam perencanaan, pengembangan pembangunan, pengelolaan, dan pengendalian. serta implementasi program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif; dan menetapkan landasan dalam melakukan pemantauan serta evaluasi terhadap pelaksanaan strategi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Temanggung dan Kawasan Pariwisata Borobudur.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengukuhkan 3 besar kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur yaitu Java Tantara (Java Selatan, Java Tengah, Java Utara). Java Selatan akan diselenggarakan event susur Daendels yang dilaksanakan di 4 Kabupaten yaitu Kebumen, Purworejo, Kulon Progo dan Bantul. Untuk kegiatan di Java Tengah akan diselenggarakan event Festival 5 Gunung yang melibatkan Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo dan Banjarnegara. Adapun untuk Java Utara akan diselenggarakan Festival Truck yang melibatkan Kota Semarang, Kendal, Batang Pekalongan dan Tegal. Ketiga event besar tersebut, diharapkan akan mempunyai dampak positif bagi pemulihan ekonomi masyarakat sekitar sekaligus pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

By Published On: Minggu, 13 Maret 2022Views: 409

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!