Maret 24, 2021

BOB Gelar Pelatihan Adaptasi Kebiasaan Baru di Tujuh Desa Wisata

Kulonprogo ( BOB ) – Badan Otorita Borobudur (BOB) melakukan pendampingan dan pelatihan kepada pelaku dan desa wisata yang ada di kabupaten Kulonprogo (DIY), Purworejo dan Magelang, Jawa Tengah. Salah satunya dalam penerapakan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) di mas apandemi Covid-19.

“Ada tiga tujuh desa wisata di tiga kabupaten yang kami berikan pelatihan CHSE dalam masa pandemi Covid-19 ini,” kata Direktur Industri dan Kelembagaan BOB, Bisma Jatmika, saat membuka Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru SDM Parekraft di Balai Desa Ngargosari, Kulonprogo, Rabu (24/3/2021).

“Selain itu, BOB juga intens memberikan dukungan dalam menunjang implementasi AKB kepada pengelola bagi 7 Desa Wisata, yaitu Pandanrejo, Sedayu, Benowo, Ngargoretno, Ngargosari, dan selanjutnya Gerbosari fan Pagerharjo bekerja sama dengan Pemda setempat ”, tutur dia.
Menurut Bisma, sebagai persiapan menuju AKB Pariwisata maka beberapa perlu dilakukan penyesuaian tata laksana kunjungan wisatawan sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan di daya tarik wisata. Protokol kesehatan yang telah disusun pun perlu disosialisasikan kepada pengelola daya tarik wisata agar bersiap dan sebagai upaya untuk memenuhi protokol tersebut.
Ditambah dengan adanya Bandara YIA akan menambah antusiasme dalam pelayanan pariwisata.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito yang turut hadir sebagai Narasumber Pelatihan dan Pendampingan CHSE menyambut baik Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru bagi desa wisata terutama di wilayah Kulonprogo, “dengan potensi wisata dan budaya yang terdapat di Kulonprogo akan meningkatkan kualitas pariwiasata dan ekonomi kreatif dengan penerapan CHSE seperti yang telah melewati Pelatihan dan Pendampingan oleh Badan Otorita Borobudur”, jelasnya.

Ditambahkan lagi oleh Bisma Jatmika bahwa pemenuhan protokol tersebut akan dilakukan dan dikawal agar sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan. “Pelatihan dan Pendampingan ini sebagai wujud kepedulian kita bersama untuk mendukung Destinasi dalam pemenuhan dan penerapan protokol kesehatan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19. Pendampingan dilakukan secara langsung oleh tim teknis dari Lembaga Sertifikasi”, pungkas Beliau.

By Published On: Rabu, 24 Maret 2021Views: 166

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Go to Top