Purworejo, 18 Maret 2021 – ( BOB ) Pelatihan dan Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru SDM Parekraf Jawa Tengah hari ke 2 ( dua) terhadap pelaku wisata di Desa Sedayu yang diadakan Badan Otorita Borobudur (BOB), salah satu Satuan Kerja (Satker) di bawah Kementerian Pariwisata/Badan Ekonomi Kreatif.

Pelatihan ini merupakan implementasi protokol Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB ) . Diharapkan mampu
meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia terkait dengan tata aturan AKB sektor Parekraf dan sebagai persiapan menuju AKB Pariwisata maka beberapa perlu dilakukan penyesuaian tata laksana kunjungan wisatawan sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan di daya tarik wisata.

Sesi pertama dibimbing oleh Ibu Roswita dari Jana Dharma Indonesia, membahas mengenai Visitor Management Daya Tarik Wisata yang meliputi pembagian zonasi, penghitungan carrying capacity dan mengatur alur kunjungan dan penjadwalan.

Sesi kedua bersama Bapak Minta Harsana dari Jana Dharma Indonesia, membahas mengenai materi yang berhubungan dengan pengetahuan dan ketrampilan menyediakan layanan minuman dan makanan kepada wisatawan, meliputi unsur pelayanan, standar pelayanan, prosedur layanan makanan dan minuman.
Dilanjutkan dengan pembahasan peran penting keamanan pangan dalam pengelolaan makanan dan daya tarik wisata, “menjaga keamanan makanan dalam mengolah makanan di daya tatik wisata, merupakan unsur yang sangat penting dengan memperhatikan kelayakan dasar dan penerapan sistem keamanan pangan”, ungkapnya.

Peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi bersama dan memberikan ide-ide terkait rencana yang akan dilakukan untuk mengembangkan  Pasar Menoreh yang menjadi lokasi destinasi kuliner di Desa Sedayu.

Jadi pemenuhan protokol tersebut akan dilakukan dan dikawal agar sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk atau wujud kepedulian BOB untuk mendukung Destinasi dalam pemenuhan dan penerapan protokol kesehatan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19. Pendampingan dilakukan langsung oleh tim teknis dan auditor yang berasal dari Lembaga Sertifikasi.

By Published On: Jumat, 19 Maret 2021Views: 182

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!