Harianjogja.com, JOGJA—Berkaitan dengan rencana dibukanya objek wisata glamorous camping (glamping) pada pertengahan Februari mendatang, Badan Otorita Borobudur (BOB) tengah menyiapkan paket wisata full package. Namun paket wisata ini diperkirakan belum bisa diluncurkan bersamaan dengan pembukaan glamping.

Direktur Destinasi BOB, Agustin Paranginangin mengatakan setelah dibuka secara resmi, glamping ditargetkan dapat beroperasi 100%. Maka tak hanya objek wisata, aksesbilitas ke lokasi wisata pun jadi fokus utama BOB. Namun demikian pada pertengahan Februari mendatang, Angin mengakui belum ada transportasi khusus yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi glamping di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo selain kendaraan pribadi. Pasalnya belum ada angkutan umum dengan rute menuju lokasi glamping. Satu-satunya yang bisa digunakan adalah kendaraan pribadi baik motor, mobil, ataupun bus untuk rombongan besar.

Namun demikian, Angin memastikan akses jalan menuju lokasi glampingsudah beraspal dan mulus. Hanya saja kontur tanahnya berbukit-bukit karena memang masuk dalam wilayah Perbukitan Menoreh. Untuk jarak tempuh, Angin menyebut tak terlalu jauh jika dihitung dari Bandara Adisutjipto, hanya sekitar 90 menit. “Kalau dari Jogja bisa lewat jalur Nglinggo, Kulonprogo,” katanya kepada Harian Jogja, Rabu (6/2).

Namun menurutnya jika NYIA di Kulonprogo sudah mulai beroperasi pada April mendatang, jarak tempuh dari bandara menuju lokasi glamping akan makin singkat. Hanya sekitar 30 menit. Hal ini tentu akan makin memudahkan wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang ingin berlibur di objek wisata yang mengusung konsep culture and adventure eco-tourism. “April kan sudah ada penerbangan internasional yang beroperasi di NYIA, kami harap ini bisa jadi keuntungan. Karena glamping ini memang tengah digemari wisatawan mancanegara,” tuturnya.

Sementara ini, Angin menuturkan rencana paket wisata sedang digodok oleh tim BOB. Nantinya dengan adanya paket wisata, para wisatawan yang ingin berlibur di lokasi glamping bisa dijemput saat datang dan diantarkan menuju bandara, terminal, dan juga stasiun saat akan kembali pulang. Sehingga mereka tidak perlu repot memikirkan transportasi menuju lokasi berlibur. Apalagi objek wisata ini memang ditujukan oleh wisatawan grup ataupun keluarga.

Sementara ini, Angin mengaku pihak BOB masih belum menentukan berapa harga paket wisata full package ini. Ia juga belum memilih operator wisata mana yang akan digandeng dalam menyediakan paket wisata. Oleh sebab itu, pihaknya memperkirakan paket wisata ini belum bisa diluncurkan bersamaan dengan diresmikannya glamping pada 14 Februari mendatang.

Sumber: Harianjogja.com

By Published On: Jumat, 8 Februari 2019Views: 719

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!