Nikmati Wisata Agro Edukatif yang Seru Hanya di Kebun Buah Langka Sedayu – Mencari tempat wisata yang lengkap dengan konsep yang unik bisa Anda temukan di Yogyakarta. Di kota pelajar ini memiliki beragam destinasi wisata mulai budaya, rekreasi, alam, dan berbagai destinasi wisata lainnya.

Selain itu, di Yogyakarta juga menawarkan destinasi wisata perkebunan yang menyediakan berbagai jenis buah yang unik dan langka. Jumlah tanaman yang disediakan pun tidak main-main, setidaknya kebun dengan luas sekitar 4,8 hektar ini menyediakan 350 tanaman buah yang langka.

Sejak tahun 2012, kebun buah tersebut memang sengaja ditanami berbagai pohon buah yang telah langka. Baru pada tahun 2015 kebun ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai wisata agro edukatif. Bukan tanpa sebab, hal tersebut dikarenakan harus menunggu perkembangan pohon yang telah ditanam hingga benar-benar bisa berbuah.

Lokasi Kebun

Jika dari arah pusat kota Yogyakarta dan hendak menuju ke Kebun buah langka tersebut, lamanya perjalanan yang ditempuh hanya sekitar 40 menit saja. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Wates Kilometer 12, Sundi Kidul, Argorejo, Sedayu, Yogyakarta.

Harga Tiket

Setiap pengunjung yang hendak masuk ke area wisata agro edukatif Kebun Buah Langka Sedayu harus membeli tiket masuk seharga Rp10 ribu per orang. Sebelum mulai berkeliling,  penjaga kebun yang mendampingi selama perjalanan wisata selalu menyarankan kepada pengunjung untuk menggunakan topi caping.

Ini dikarenakan Anda akan berjalan melintasi alam terbuka yang cukup banyak mendapat sorotan matahari. Jika tidak ingin wajah Anda terbakar sinar matahari, sebaiknya Anda mengikuti saran tersebut.

Aktivitas Seru di Kebun Buah Sedayu

Tanaman buah yang ada di wisata agro edukatif Kebun Buah Sedayu ini tidak hanya berasal dari seluruh penjuru Nusantara saja. Ada juga tanaman buah yang berasal dari mancanegara seperti negara Australia, Jepang, Amerika, Taiwan, dan negara-negara lainnya.

Itu sebabnya saat berada di kebun buah yang ada di Sedayu ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis buah yang belum pernah ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya saja, tanaman buah mulberry yang sudah sangat jarang ditemukan, khususnya di Pulau Jawa.

Selain jenis mulberry yang umum, ada pula jenis long mulberry yang bentuk buahnya lebih panjang dari mulberry biasa, sesuai dengan nama yang dimilikinya. Jika pada mulberry biasa rasanya sangat asam, namun pada long mulberry yang konon berasal dari Taiwan ini memiliki rasa yang manis saat matang.

Kemudian, ada pula tanaman buah yang dari namanya saja sudah terkesan unik yaitu jambu strawberry. Sebagai informasi, buah unik yang satu ini berasal dari Amerika Selatan dengan warna buah seperti halnya strawberry yaitu merah menyala.

Sedangkan ukuran jambu langka ini cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jenis buah jambu pada umumnya. Rasa buah jambu strawberry ini lumayan asam walau sudah matang. Namun, hal tersebut tidak membuat pengunjung yang datang ke Kebun Buah Langka Sedayu jera, justru semakin penasaran ingin mencicipi rasa asam segar yang dimiliki buah jambu strawberry ini.

Satu hal yang perlu diingat adalah, jangan coba-coba untuk memetik buah langka yang ada di kebun. Sebab, aktivitas memetik ini hanya dilakukan oleh para penjaga kebun saja. Sayangnya, tidak semua buah langka yang sudah matang bisa Anda nikmati secara langsung.

Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga kebun atau menunggu mereka memetik buah langka tersebut untuk para pengunjung yang datang. Terutama buah seperti jeruk jari Budha dan jeruk nipis jumbo, dan sawo jumbo dari Jepang yang harus dikupas terlebih dahulu sebelum dimakan. .

Walau tidak bisa leluasa mencicipi buah langka yang ada di kebun buah Sedayu ini, rasa kecewa Anda akan terobati dengan disediakannya bibit buah langka yang bisa Anda beli. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung dari kelangkaan buah dan ukuran tanamannya, yaitu mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua aktivitas seru yang ada di Kebun Buah Langka Sedayu tidak hanya sampai disitu saja. Anda juga berkesempatan untuk belajar cara menanam pohon buah langka yang benar. Tunggu apalagi, jangan sia-siakan hari libur Anda dan segera jadwalkan perjalanan menuju wisata agro edukatif yang hanya ada di Yogyakarta ini.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment