Pesona Wisata Religi Pemandangan Indah di Gereja Ayam Bukit Rhema – Wisata religi yang berada di bukit Rhema ini dibangun di wilayah Gombong Kembanglimus, daerah Borobudur, Magelang. Bangunan ini sering kenal dengan Gereja Ayam. Keindahan yang disajikan dari bukit Rhema ini menjadi daya tarik tersendiri dengan gaya arsitektur yang menarik, dimana bentuknya menyerupai kepala burung Merpati yang memiliki mahkota di atasnya.

Selain keunikan yang ada dari arsitektur bangunan, wisata pun juga tertarik dengan Gereja Ayam ini ialah pemandangan yang menarik dari lingkungan alam sekitar. Namun, yang menjadi daya tarik utama ini berada pada arsitektur bangunan burung Merpati yang memiliki mahkota.

Setiap akhir pekan, tempat wisata ini ramai didatangi pengunjung. Wilayah parkir yang disediakan pun luas sekali, untuk yang berkendara baik roda dua dan empat sudah tersedia dengan lapang. Bukit Rhema ini dulu pernah dijadikan lokasi pengambilan gambar  film Ada Apa Dengan Cinta season 2 atau AADC 2. Disebut sebagai Gereja Ayam Bukit Rhema, bukan berarti tempatnya yang memiliki bentuk seperti ayamm melainkan adanya arsitektur kelapa merpati yang memiliki mahkota.

Foto : travelerjakarta.com

Foto : wartakota.tribunnews.com

Fasilitas yang Dimiliki Oleh Gereja Ayam Bukit Rhema

Fasilitas yang diberikan oleh pengelola tempat wisata religi ini sangatlah lengkap, mulai dari adanya mobil jeep untuk mengangkut para penumpang, toilet yang memadai, warung makan, bahkan café-café. Banyaknya fasilitas ini membuat banyak pengunjung yang berdatangan.

Adanya Gereja ini sudah ada sejak tahun 1992, menurut kisahnya dibangunnya gereja ini sebagai lambang perdamaian dan pemersatu bangsa pada waktu itu. Pada bagian dalam Gereja Ayam ini tersedia ruangan khusus untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Terdapat ruang sholat untuk umat muslim, terdapat ruang tersendiri bagi agama lain seperti hindu, budha, dan juga kristen.

Harga Tiket Gereja Ayam

Untuk dapat menikmati wisata religi Gereja Ayam Bukit Rhema ini hanya memerlukan biaya tiket masuk sebanyak Rp25.000 per orang khusus biaya  tiket domestik. Sedangkan untuk tiket turis asing sebesar Rp50.000. Bukit Rhema ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari Selasa, mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Tempat  Bukit Rhema

Bukit  ini berada di Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Magelang. Para wisatawan yang ingin berkunjung di Gereja ini perlu menenpuh sekitar 200 meter. Buat Anda yang tidak kuat untuk berjalan kaki, bisa menggunakan jasa mobil jeep. Untuk akses dari Candi Borobudur memiliki waktu tempuh sekitar 15 menit.

Hal Menarik yang Bisa Ditemukan

Hal menarik yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung di Gereja Ayam Bukit Rhema ini ialah, pertama mendapatkan sambutan dari burung hantu. Para pengunjung bisa berfoto dengan aneka burung hantu dengan mengeluarkan biaya  sukarela.

Kedua, setelah pengunjung sampai dan menuju pintu masuk. Mereka akan diperlihatkan dengan bangunan sejarah, dimana bangunan ini memiliki 7 tingkat yang didalamnya terdapat banyak ruang untuk berdoa. Nah, uniknya ruangan ini bisa digunakan untuk berdoa masing-masing agama, khususnya 5 agama di Indonesia yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan Konghucu.

Ketiga, adanya arsiektur burung Merpati yang memiliki mahkota menjadi spot favorit bagi para pengunjung. Para wisatawan yang hadir harus antri karena tempatnya yang cukup sempit, sehingga harus bergantian untuk berfoto. Selain berfoto dengan Merpati Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, seperti hijaunya pepohonan, lembah-lembah, hingga gunung-gunung Gereja Ayam Bukit Rhema.

Keempat, dari sini pula Anda bisa menikmati terbitnya matahari dari bukit ini. Para pengunjung pun dapat mencoba wahana edukasi, wahana  ini berada pada bagian dalam gedung. Sehingga tidak menjadi satu ruangan dengan arsitektur merpati yang berada di atas bagian luar.

Kelima, terdapat pula kedai wedang, yang dikenal dengan kedai rakyat w’dank Bukit Rhema. Menu yang ada di sini pun berupa makanan-makanan tradisional, namun tetap menarik. lokasi kedai ini berada di bagian sisi belakang bangunan.

Itulah sedikit informasi mengenai Gereja Ayam Bukit Rhema, untuk mendapatkan wisata religi yang sangat fantastis dengan adanya tempat beribadah bagi masing-masing agama. Sehingga bagi orang muslim dan agama lain yang hendak beribadah bisa memasuki ruangan untuk beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment