Menikmati Panorama Gunung Merapi dan Taman Lampion di Gardu Pandang Kaliurang – Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, tepatnya di perbatasan provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Slamen. Berada pada ketinggian 900 meter di bawah permukaan laut, Kaliurang adalah salah satu daerah dataran tinggi Yogyakarta.

Sejak abad ke-19 Kaliurang yang terletak di lereng Gunung Merapi ini sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan ahli geologi Belanda dan keluarganya. Sehingga tidak heran jika di tempat ini akan banyak ditemukan penginapan seperti homestay, hotel, dan villa karena memang udara di tempat yang sejuk serta lingkungannya yang asri.

Jika Anda ingin pergi berlibur dan ingin menikmati keindahan alam, tidak salah jika Anda mencoba pergi ke kawasan Gardu Pandang Kaliurang di Kabupaten Slamen. Ada berbagai jenis objek serta tempat wisata lainnya yang bisa Anda nikmati.

 

Wisata Gardu Pandang

Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan Gunung Merapi, Anda tidak perlu lagi berjalan sangat jauh dan mendaki puncak gunung sebab saat ini sudah ada kawasan yang dikembangkan untuk bisa mengamat keindahan gunung tersebut.

Kawasan ini disebut Wisata Gardu Pandang Kaliurang.Wisata Kaliurang merupakan wisata untuk menikmati keindahan lereng gunung serta puncak Gunung Merapi yang bisa Anda nikmati dan lihat dengan jelas melalui sebuah gardu dengan menyewa sebuah teropong yang dipatok dengan tarif Rp 5.000 selama 30 menit.

Selain melihat indahnya Gunung Merapi beserta pemandangan alam di sekiarnya, Anda juga bisa menyaksikan sunrise ditemani kabut tipis yang menyelimuti sekitar lembah gunung. Sehingga bagi Anda yang gemar traveling atau sekadar berlibur maka keindahan Gunung Merapi beserta kabut tipis sayang untuk Anda lewatkan.

Rute Mudah Menuju Gardu Pandang Kaliurang

Untuk bisa mengunjungi kawasan tersebut cukup mudah. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 26,3 km menuju wilayah Kaliurang Barat, yang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Slamen, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses menuju tempat ini juga cukup mudah, dengan waktu tempuh sekihar 46 menit sampai 1 jam, juga karena letaknya yang tidak begitu jauh dari jantung kota Jogja serta selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mengunjungi kawasan ini.

Taman Lampion

Saat mengunjungi kawasan Kaliurang, selain untuk menyaksikan keindahan Gunung Merapi, Anda juga bisa menyaksikan keindahan ribuan lampion. Sejak tahun 2014, kawasan Kaliurang semakin populer karena adanya taman yang disebut Taman Lampion.

Di beberapa sudut taman terdapat hiasan lampion dan LED dengan berbagai tema yang bisa Anda nikmati pada malam hari serta menambah kesan romantis di tempat ini. Akan tetapi, suasana ini bisa Anda rasakan hanya ketika festival dirayakan. Untuk itu, penting buat Anda mengecek jadwal perayaan festival sebelum datang ke tempat ini.

Festival of Light (FOL) adalah festival cahaya yang terdiri dari ribuan LED serta lampion dengan berbagai tema yang menghiasi kawasan Kaliurang. Festival ini diadakan setiap libur lebaran serta tahun baru, waktu pelaksanaan Waktu pelaksanaan festival of Light ini berbeda-beda tiap tahunnya. Selain itu juga terdapat atraksi air mancur menari atau dancing fame fountain yang sangat memukau.

Walaupun bagi sebagian orang wisata cahaya mungkin telah cukup sering ditemukan, akan tetapi yang membedakan Festival of  Light ini dengan tempat lainnya ialah karena lokasinya yang diselenggarakan di bawah kaki Gunung Merapi. Serta dengan nuansa yang romantis dengan angin malam yang dingin membuat wisata ini perlu menjadi tujuan wisata wajib Anda.

Rute Menuju Taman Lampion

Setelah dari kawasan gardu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke taman lampion dengan waktu tempuh sekitar 28 menit dengan jarak kurang lebih 14,6 km. Dimulai dari pusat kota Jogja lanjut ke arah barat laku ke arah kanan menuju Jalan Magelang hingga ke bundaran.

Setelah itu lanjutkan perjalanan sampai perempatan kemudian belok kanan kea rah Jalan Gito Gati sekitar 900 meter. Kemudian lurus sampai ke pertigaan lalu belok kiri menuju Jalan Griya Taman Asri lalu belok kiri ke Jalan Astorenggo dan belok kiri lagi.

Tiba di pertigaan belok kanan lalu berjalan beberapa kilometer hingga menemukan taman lampion tersebut.

Itulah tadi beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Gardu Pandang Kaliurang.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment