Siap-siap Menikmati Liburan Seru di Kawasan Wisata Lereng Kelir – Memasuki musim liburan, pasti kebanyakan orang sudah merancang rencana berwisata. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya banyak pilihan destinasi wisata yang indah. Terutama bagi yang tinggal di Pulau Jawa, dijamin tidak akan kehabisan ide pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Di daerah Jawa Tengah, ada wisata alam yang sangat direkomendasikan bagi pecinta alam dan petualangan. Tempat wisata tersebut adalah Lereng Kelir, wisata alam dengan konsep gardu pandang. Lokasinya berada di kecamatan Jambu, Ambarawa. Karena termasuk tempat wisata alam yang baru dibuka di kawasan Ambarawa, Lereng Kelir belum banyak didatangi pengunjung. Meski begitu, banyak orang penasaran ingin melihat keindahan tempat wisata ini.

Cocok untuk Penggemar Pendakian

Wisata Lereng Kelir bisa menjadi alternatif wisata puncak gunung selain beberapa tempat wisata populer sejenisnya di Yogyakarta dan sekitarnya. Tempat ini bahkan direkomendasikan bagi pengunjung yang suka menantang adrenalin dengan aktivitas pendakian yang cukup menegangkan. Pengunjung harus melalui jalur pendakian hingga ketinggian 1384 meter di atas permukaan laut.

Dengan ketinggian Lereng Kelir, pengunjung bisa melihat seluruh pemandangan daerah Ambarawa dan wilayah Semarang bagian selatan. Wisata Telaga Rawa Pening juga termasuk salah satu sajian memukau yang dapat dinikmati dari atas ketinggian berikut daerah Banyubiru yang berlokasi di sekitar telaga tersebut. Lereng Kelir dikatakan sebagai wisata gardu pandang yang lebih tinggi dibanding wisata gardu pandang lainnya.

Spot Camping yang Cukup Luas

Sayang sekali jika hanya menghabiskan waktu yang singkat ketika berada di Wisata Lereng Kelir. Apalagi jika sudah lelah melakukan pendakian, maka sudah selayaknya berlama-lama berada di kawasan wisata tersebut untuk menikmati pemandangan dengan maksimal. Tidak hanya dengan menatap hamparan pemandangan indah yang tersaji di depan mata, pengujung juga dapat menggelar perkemahan atau camping.

Pengujung tidak perlu bingung mencari spot camping, karena kawasan wisata tersebut sudah menyediakan area yang cukup luas. Pengujung bisa membawa sendiri peralatan camping dan pendukung lain yang dibutuhkan, karena pengelola belum menyediakan penyewaaan alat berkemah. Jika dihitung, spot camping di Lereng Kelir bisa memfasilitasi hingga 70 orang dan itupun masih menyisakan area camping yang luas.

Spot Foto dengan Pemandangan Istimewa

Tidak lengkap rasanya jika datang ke Wisata Lereng Kelir tanpa mengabadikan momen melalui jepretan kamera. Kawasan wisata ini sudah menyediakan beberapa spot foto dengan pemandangan istimewa untuk kebutuhan pengunjung. Salah satunya adalah spot foto yang terbuat dari bambu. Spot foto tersebut dibuat menjorok ke pinggir tebing sehingga cukup mampu memberikan ketegangan kepada pengunjung.

Spot foto menarik lainnya yaitu hutan pinus yang akan dilewati sebelum mencapai Puncak Gertas. Pepohonan pinus yang tertata rapi menghasilkan pemandangan yang sangat memesona. Jalanan yang membelah hutan pinus biasanya menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto dan dibagikan ke media sosial. Perlu diingat bahwa untuk mencapai Puncak Gertas dengan melewati hutan pinus, pengunjung dikenakan biaya masuk.

Pemandangan Pagi dan Malam yang Menakjubkan

Sebagaimana yang menjadi daya tarik wisata puncak gunung, Lereng Kelir juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di pagi hari. Karenanya tidak heran jika banyak pengujung rela sampai di Lereng Kelir pada malam atau menjelang pagi demi bisa menikmati pemandangan pagi yang indah. Di pagi hari, kawasan wisata ini memang terlihat seperti negeri di atas awan karena gumpalan awan yang menutup seluruh daerah di bawahnya.

Tidak cukup hanya menikmati pemandangan Lereng Kelir di pagi hari, pengunjung masih akan dimanjakan dengan panorama alam di malam hari yang tak kalah memukau. Pada saat petang menjelang, pengunjung dapat melihat hamparan kota di bawah gunung yang seolah diselimuti cahaya lampu yang gemerlapan. Pemandangan saat malam ini pun menjadi salah satu yang paling favorit sehingga banyak pengunjung rela menunggu waktu terbaik untuk menikmatinya.

Wisata Lereng Kelir merupakan wisata alam berupa gardu pandang dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Setiap sisinya menawarkan keindahan panorama yang begitu memanjakan mata. Tidak ketinggalan banyak spot foto yang bisa dijadikan latar belakang untuk mengabadikan momen.

By Published On: Kamis, 25 November 2021Views: 575

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!